Simulasi Tanding Ulang Anies vs Ahok di Pilgub Jakarta 2024, Siapa Yang Unggul?

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 25 Juli 2024 | 13:00 WIB
Simulasi tanding ulang Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta 2024. (BeritaNasional/Ahda/Oke Atmaja)
Simulasi tanding ulang Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta 2024. (BeritaNasional/Ahda/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Indikator Politik Indonesia melakukan simulasi pertarungan ulang antara Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Hasilnya, lagi-lagi Anies unggul atas Ahok seperti Pilgub 2017.

Pada survei yang dilakukan Indikator, elektabilitas Anies mencapai angka 52 persen bila menghadapi Ahok. Sementara itu, elektabilitas Ahok juga cukup tinggi di angka 42 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, ketika tidak ada nama Ridwan Kamil, suaranya terpecah ke Anies dan Ahok.

Anies mengalami penambahan suara dari 43 persen ke 52 persen.

"Kalau kita lihat trennya begini ketika tiga nama, termasuk RK di situ. RK di-take out itu suara Mas Anies bertambah juga dari 43 ke 52," jelas Burhanuddin saat pemaparan survei secara daring pada Kamis (25/7/2024).

Sementara itu, Ahok juga mengalami penambahan suara dari 32 persen menjadi 42 persen. Namun, masih ada selisih 10 persen antara elektabilitas Anies dan Ahok.

"Suara Ahok tentu saja bertambah 32 ke 42, tetapi selisihnya masih lumayan 10 persen. Tidak berbeda ketika tiga nama masih ada RK," jelas Burhanuddin.

Sementara itu, pemilih yang belum menentukan bila Anies menghadapi Ahok terbilang cukup kecil, yaitu di angka 6 persen.

Indikator Politik Indonesia menggelar survei wawancara tatap muka pada 18-26 Juni 2024. Sebanyak 800 responden warga Jakarta dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling.

Survei memiliki margin of error kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: