Rusia-China Ciptakan Tatanan Dunia Multipolar Lebih Adil

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 26 Juli 2024 | 23:00 WIB
Rusia dan China kerja sama ciptakan tatanan dunia multipolar  (Foto/Wikimedia)
Rusia dan China kerja sama ciptakan tatanan dunia multipolar (Foto/Wikimedia)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, Rusia dan China kerja sama guna menciptakan tatanan dunia multipolar yang lebih adil.

"Rusia dan China terus mempromosikan prinsip-prinsip multilateralisme sejati. Membawa energi positif bagi PBB dan kelompok G20," ujar Lavrov.

Baik Rusia dan China aktif bekerja di blok ekonomi BRICS dan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO).

"Area internasional lainnya juga penting. Di antaranya, tentu saja, adalah ASEAN dan seluruh arsitektur yang berpusat pada ASEAN. Kami punya posisi yang sama dengan ASEAN. Kami harus melakukan banyak cara guna mencegah kehancurannya," terang Lavrov.

Lavrov kini berada di Vientiane untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri rutin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yang diadakan dalam berbagai format, termasuk ASEAN-Rusia, KTT Asia Timur (EAS), dan Forum Regional ASEAN (ARF).

Dikutip dari Antara, Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan, pihaknya ingin memanfaatkan kesempatan untuk mengadakan dialog substantif mengenai cakupan penuh kerja sama dengan blok beranggotakan 10 negara tersebut dalam bidang keamanan, perdagangan, politik, sosial, budaya.

"Kami mencari dukungan ASEAN untuk mempromosikan inisiatif bagi keamanan informasi internasional, yang merupakan salah satu prioritas Rusia," tambahnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: