Pertarungan 4 Debutan di Pilgub Jawa Tengah 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 27 Juli 2024 | 13:33 WIB
Bursa calon gubernur Jawa Tengah versi Beritanasional.com (Dokumen/BeritaNasional)
Bursa calon gubernur Jawa Tengah versi Beritanasional.com (Dokumen/BeritaNasional)

BeritaNasional.com - Pilkada Jawa Tengah 2024 mulai disemarakkan dengan tokoh lokal hingga nasional sebagai calon gubernur debutan. Ada yang sudah dideklarasikan, ada juga yang masih belum final membuat keputusan.

Terbaru, Partai Gerindra sudah mengumumkan akan mencalonkan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur. Meski belum resmi memberikan surat rekomendasi, PAN, Golkar hingga Demokrat juga melirik Ahmad Luthfi sebagai jagoan di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah jauh-jauh hari mengumumkan akan mengusung Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Muhammad Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf. Meski sampai hari ini, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar belum memberikan surat rekomendasi.

Sementara, PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilu di Jawa Tengah tidak terlihat pergerakan berarti di Pilgub Jawa Tengah. Nama Ketua PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul sempat menguat, meski ketua Komisi III DPR RI itu menolak maju di Pilgub Jawa Tengah. Sedangkan, elite-elite PDIP di Jakarta mengusulkan nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa.

Di tengah dinamika pencalonan gubernur Jawa Tengah, nama Ketum PSI Kaesang Pangarep secara mengejutkan muncul. Bahkan dalam beragam lembaga survei mencatat elektabilitas putra Presiden Joko Widodo itu teratas menyaingi Ahmad Luthfi. Meski, sampai hari ini Kaesang belum menentukan apakah bakal maju di Pilkada Jawa Tengah atau Jakarta.

Berikut tokoh-tokoh bakal calon gubernur Jawa Tengah potensial menurut Beritanasional.com:

1. Ahmad Luthfi

Irjen Pol Ahmad Luthfi adalah kapolda Jawa Tengah yang menjabat sejak 1 Mei 2020. Belakangan namanya menguat sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah. Diketahui Luthfi bakal pensiun pada tahun 2024 ini.

Secara resmi, Partai Gerindra telah mengumumkan akan mengusung Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur.

"Jawa Tengah, Pak Prabowo putuskan adalah Irjen Polisi Drs Haji Ahmad Luthfi menjadi calon gubernur Provinsi Jawa Tengah," ujar Sekjen Gerindra Ahmad Muzani saat konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) terlihat bakal mengikuti jejak Partai Gerindra. Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sudah lebih dulu mendukung Ahmad Luthfi, meski belum memberikan rekomendasi secara resmi.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. (Foto/Divisi Humas Polri)

Sementara, Golkar dan Demokrat arahnya akan mengikuti jejak Gerindra untuk mengusung Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur. Dalam waktu dekat, Golkar dan Demokrat akan resmi mengumumkan Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur Jawa Tengah.

2. Gus Yusuf

PKB dari lama menyampaikan akan mengusung Ketua PKB Jawa Tengah KH Muhammad Yusuf Chudlori sebagai bakal calon gubernur. Sebagai partai pemenang kedua di Jawa Tengah, PKB punya kepercayaan diri.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bahkan menyatakan pihaknya tidak melirik tokoh lain meski elektabilitasnya lebih tinggi dari Gus Yusuf.

"Dari awal PKB mengusung Gus Yusuf," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Secara elektabilitas, Gus Yusuf masih belum bisa menyaingi Ahmad Luthfi atau Kaesang. Dalam Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Gus Yusuf baru 3,3 persen.

KH Muhammad Yusuf Chudlori. (Foto/Nu Online).

PKB juga membuka opsi memasangkan Gus Yusuf dengan Ahmad Luthfi atau calon yang akan diusung oleh PDIP.

"Yang pasti kita mendukung Gus Yusuf. Jadi kalau ada pertanyaan apakah PKB punya calon, ada," kata Wasekjen PKB Syaiful Huda di JCC, Jakarta, Selasa (23/7/2024).

"Nah, mau dipasangkan ke mana Gus Yusuf? Apakah ke, misalnya ke PDIP, ke figur-figur yang lain, kita tunggu," sambungnya.

3. Andika Perkasa

PDI Perjuangan sebagai pemenang dua kali Pilkada Jawa Tengah sebelumnya terlihat belum bergerak dalam menentukan jagoannya di 2024.

Nama Ketua PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul sempat digadang-gadang untuk maju. Tapi belakangan Pacul mengaku bukan garis politiknya menjadi kepala daerah.

"Ya, itulah garis yang saya ambil," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Elite PDIP di Jakarta memunculkan nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa yang kini merupakan kader partai berlambang banteng. Andika dijagokan untuk menjadi calon gubernur di kandang banteng Jawa Tengah.

"Kalau dia mau ya jadi gubernur, tentu beliaunya juga harus, kalau pemain bola harus lari-lari kecil, pemanasan, wilayahnya mana? Nanti kita cek, sekarang ada Kapolda Jawa Tengah Pak Luthfi mau maju gubernur, kalau hemat saya Pak Andika bersedia, Pak Andika bisa ke Jawa Tengah," ujar Wasekjen PDIP Utut Adianto.

Andika dinilai Utut lebih cocok maju sebagai calon gubernur daripada calon wakil gubernur karena merupakan mantan Panglima TNI.

Mantan Panglima TNI dan Kader PDIP Andika Perkasa. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi)

Utut mengusulkan Andika maju sebagai cagub di Jawa Tengah daripada Jakarta karena memberikan rasa aman bagi kader PDIP. Jawa Tengah merupakan wilayah yang terkenal sebagai kandang banteng alias wilayah dimana pemilih PDIP paling tinggi.

"Kenapa enggak Jakarta? Nanti kan mozaiknya beda, Jawa Tengah itu pemilihnya sekitar 28,5 juta. Kalau Pak Andika ke sana, Pak Andika memberi rasa aman kepada kader-kader PDI Perjuangan seluruh Jawa Tengah," kata Utut.

4. Kaesang Pangarep

Ketua umum PSI ini secara mengejutkan muncul dalam berbagai survei Pilkada Jawa Tengah. Kaesang menempati urutan teratas di antara tokoh-tokoh lain sebagai calon gubernur.

Terbaru, elektabilitas Kaesang di Litbang Kompas mencapai angka 7 persen. Bersaing ketat dengan Ahmad Luthfi yang berada di urutan kedua dengan angka 6,8 persen.

Sampai detik ini belum ada tanda-tanda Kaesang bakal menentukan pilihan akan maju atau tidak di Pilkada 2024 atau tidak.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (BertiaNasional/Oke Atmaja)

Salah satu partai menyatakan siap mendukung penuh Kaesang di Pilgub Jawa Tengah adalah Partai NasDem. Hal itu disampaikan langsung ketika Kaesang bertemu Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

"Saya sudah sampaikan beliau (Surya Paloh) respect. Kalau Mas Kaesang maju di Jateng NasDem akan beri dukungan penuh karena beliau melihat potensi sangat besar untuk Jawa Tengah," kata Ketua DPP NasDem Roberth Rouw usai pertemuan, Senin (22/7/2024)

Namun, Kaesang belum juga menentukan nasibnya untuk maju di Pilkada 2024. Kaesang saat ini sudah ada partai yang siap mendukung di Pilgub Jakarta atau Pilgub Jawa Tengah.

"Mengenai cagub maupun cawagub juga sabar, 27 Agustus sebentar lagi, gak akan lama satu bulan lagi," kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: