OIKN Bersinergi dengan Garuda Indonesia, Dukung Transportasi Udara Menuju IKN

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 28 Juli 2024 | 12:30 WIB
Otorita IKN menandatangani kerja sama dengan Garuda Indonesia. (Foto/Humas OIKN)
Otorita IKN menandatangani kerja sama dengan Garuda Indonesia. (Foto/Humas OIKN)

BeritaNasional.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Garuda Group bersepakat menjalin kemitraan di sektor aviasi dengan menandatangani perjanjian kerja sama di Garuda Maintenance Facilities, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pada Jumat (26/7/2024). 

Garuda Indonesia menjadi official carrier yang mendukung aksesibilitas transportasi udara menuju IKN setelah adanya kerja sama ini.

Bukan hanya itu, Garuda juga memasang logo pohon hayat sebagai simbol IKN pada pesawatnya.

Program tersebut sejalan dengan upaya memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono menyatakan kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen kedua pihak untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas menuju IKN.

‘’Kami berharap ini akan mendukung kelancaran acara perayaan HUT Ke-79 RI dan mendorong lebih banyak orang untuk berkunjung dan berinvestasi di Nusantara," tuturnya.

Pria yang juga menjabat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini menyampaikan apresiasinya kepada Garuda Indonesia atas dukungannya kepada IKN.

“Kiranya kerja sama ini tidak hanya akan berhenti pada kerja sama dengan IKN, namun diharapkan dapat diperluas ke berbagai sektor, termasuk di lingkup Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian ATR-BPN,” tambah Basuki.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kesadaran publik tentang Nusantara sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia kelak.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menambahkan pihaknya bangga bisa menjadi bagian dalam perayaan HUT RI di IKN. Selain itu, dia berharap pihaknya bisa terus berkontribusi dalam mengembangkan IKN.

"Memberikan berbagai nilai tambah, seperti menyediakan penerbangan yang aman dan nyaman serta menunjang aktivitas para karyawan yang ada di bawah naungan IKN," jelasnya.

Garuda Indonesia memberikan bagasi tambahan 5 kg bagi para pekerja IKN, pemasangan livery khusus pada armada B737-800 NG dengan nomor registrasi PK-GMD, serta penambahan kapasitas melalui pengoperasian pesawat berbadan lebar maupun penambahan frekuensi penerbangan dari dan menuju Balikpapan pada periode 15-20 Agustus 2024. 

Pada periode tersebut, Garuda Indonesia menyiapkan sedikitnya 11.508 kursi penerbangan antara Jakarta dan Balikpapan dengan mengoperasikan 70 penerbangan termasuk 30 extra flight untuk mendukung mobilisasi pelaksanaan peringatan HUT RI ke-79 di Nusantara. 

Otorita IKN juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan dua anak perusahaan Garuda Group, yaitu Citilink dan Aero Globe Indonesia. 

Citilink sebagai maskapai penerbangan berbiaya rendah akan menyediakan opsi perjalanan udara yang terjangkau dan efisien, memenuhi kebutuhan beragam penumpang yang melakukan perjalanan ke dan dari Nusantara. 

Kerja sama ini bertujuan meningkatkan aksesibilitas Nusantara, menjadikannya lebih mudah dijangkau oleh berbagai kalangan, termasuk wisatawan, pelaku bisnis, dan penduduk. 

Aero Globe Indonesia, yang bergerak dalam bidang manajemen perjalanan dan layanan rekreasi, akan berkolaborasi untuk menawarkan solusi perjalanan komprehensif, termasuk paket wisata dan dukungan logistik di lapangan. 

Kolaborasi ini tidak hanya memfasilitasi pengalaman perjalanan yang lancar tetapi juga mempromosikan Nusantara sebagai destinasi utama, mendorong pariwisata dan investasi di wilayah tersebut.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: