Survei LSI: 48,4 Persen Warga Sumut Tak Ingin Edy Rahmayadi Maju di Pilkada 2024.

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 28 Juli 2024 | 18:43 WIB
Mantan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Foto/Sumutprov).
Mantan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Foto/Sumutprov).

BeritaNasional.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei pemilihan gubernur di Sumatera Utara. Salah satu temuan LSI adalah banyak masyarakat Sumatera Utara tidak menginginkan Edy Rahmayadi maju di Pilkada 2024.

Sebanyak 48,4 persen tidak menginginkan petahana Edy Rahmayadi untuk bertarung di Pilkada Sumatera Utara 2024.

"Tampaknya yang 35 persen menyatakan menginginkan kembali. Tak menjawab 16,6 persen," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat rilis survei secara daring, Minggu (28/7/2024).

LSI mencatatkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap Edy selama menjadi gubernur Sumatera Utara tidak mencapai angka 70 persen. Kepuasan publik terhadap kinerja Edy hanya 61,6 persen.

Sementara publik yang tidak puas ada 30,2 persen. Responden yang tidak menjawab 8,2 persen.

"Jadi (angkanya) baik, tapi sedang, tidak bisa disebut tinggi. Karena angkanya 60 persenan. Kalau untuk nilai dari kampus itu tidak A nilainya, mungkin B atau B+ ini," jelas Djayadi.

Apabila Edy ingin maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara, harus bisa meningkatkan penerimaan publik. Apalagi Edy bakal menghadapi menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution.

"Jadi memang kalau ke depan, kalau Edy mau lebih kompetitif ke depan, berhadapan dengan Bobby, maka dia harus meningkatkan keinginan masyarakat untuk untuk menginginkan dia kembali sebagai petahana, selain meningkatkan akseptabilitas," jelas Djayadi.

LSI menggelar survei tatap muka di Sumatera Utara pada 7-17 Juli 2024. Sebanyak 800 responden diambil secara acak dengan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: