Jokowi Sebut Pembangunan IKN Genjot Perekonomian di Kalimantan Timur

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 29 Juli 2024 | 16:03 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan IKN. (Foto/Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan IKN. (Foto/Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur sudah memberikan dampak positif terutama ekonomi di wilayah sekitar.

Mulanya, Jokowi menjawab soal adanya keluhan terhadap pembangunan IKN. Ia bilang, hal itu wajar dikarenakan IKN saat ini sedang dalam tahap pembangunan sebelum nantinya akan digunakan.

“Ya ini memang masih dalam, pertama masih dalam proses pekerjaan dan kondisi kalau pas ngga hujan panas ya banjir,” ujar Jokowi dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (29/7/2024).
Disebutkan Jokowi, malah pembangunan IKN ini sudah memberikan dampak ekonomi. Ia bisa mengatakan hal itu dikarenakan melihat dari data Bank Indonesia.

“Tetapi ya coba dicek di BI, Kalimantan Timur growth pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama berapa persen tahun ini, kuartal kedua berapa berapa persen. Artinya pembangunan ini sudah berdampak pada wilayah sekitar IKN,” katanya.

“Terakhir setahu saya, sudah di atas 7 lebih dikit. Tinggi sekali,” jelas Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno membenarkan bahwa pembangunan IKN mampu menggerakkan ekonomi. 

"Menggerakkan ekonomi luar biasa," sebut Pratikno.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: