Megawati Pertanyakan Tagline Indonesia Maju: Kita adalah Indonesia Raya

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 30 Juli 2024 | 14:35 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (BeritaNasional/Doc. PDIP)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (BeritaNasional/Doc. PDIP)

BeritaNasional.com -  Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkapkan pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo, soal tagline Indonesia Maju pada pemerintahannya.

"Saya bilang pada Pak Jokowi, kenapa sih harus Indonesia Maju? Mbok ya sudah Indonesia Raya itu yang diharapkan dan diinginkan oleh para pendiri kita," ujar Megawati saat Mukernas Partai Perindo di Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Megawati bercerita bahwa ketika masih di sekolah dasar, ayahnya, Proklamator Soekarno, memberitahu bahwa kemerdekaan Indonesia memiliki arah.

"Jadi Bung Karno selalu mengatakan waktu itu, ketika saya masih SD, bahwa kamu harus ingat kalau kita merdeka ini tujuannya adalah menuju ke sana," ungkap presiden kelima RI ini.

"Yang sedang kita bangun adalah jembatan emasnya. Jadi saya berpikir, ngapain bangun jembatan emas, tapi lama-lama saya makin dewasa dan saya mengerti bahwa itu hanya arah, bahwa suatu saat yang ada di Indonesia Raya itu ada di sana," imbuhnya.

Megawati mengungkapkan bahwa Soekarno meminta dirinya untuk ingat bahwa Indonesia adalah untaian zamrud di khatulistiwa. Karena itu, ia yakin bahwa Indonesia Raya lebih tepat dibandingkan Indonesia Maju.

"Dari kecil saya diomongkan oleh bapak saya untuk tidak lupa bahwa Indonesia adalah sebuah untaian zamrud khatulistiwa. Saya tidak tahu apa itu zamrud karena teringat terus, lalu suatu saat saya mencari di ensiklopedia dan ternyata zamrud adalah batu yang termasuk termahal dibandingkan safir, rubi, dan berlian. Saya sangat yakin bahwa kita adalah Indonesia Raya," ujar Megawati.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: