Ketum PBNU Dinilai Fitnah Pansus Haji, PKB: Contempt of Parliament!

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 30 Juli 2024 | 17:47 WIB
Ilustrasi ibadah haji. (BeritaNasional/doc. Kemenag)
Ilustrasi ibadah haji. (BeritaNasional/doc. Kemenag)

BeritaNasional.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) marah mendengar tuduhan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf bahwa Pansus Pengawasan Haji dibentuk untuk menyerang adiknya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Waketum PKB Jazilul Fawaid meminta Yahya untuk membuktikan tuduhan tersebut. "Itu pelaksanaan konstitusi yang harus dihormati. Jika ada pihak-pihak yang menduga demikian, tolong buktikan," kata Jazilul di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Jazilul mengatakan bahwa jika Yahya tidak bisa membuktikan tuduhannya, maka itu sama saja dengan mengganggu kerja DPR.

"Kalau tidak terbukti, maka itu contempt of parliament. Mengganggu kinerja anggota DPR. Yang dari awal ini semuanya berdasarkan tahapan. Bukan hanya PKB, tetapi seluruh partai politik. Diputuskan di paripurna," kata wakil ketua MPR RI ini.

Yahya dinilai tengah melecehkan apa yang menjadi keputusan rapat paripurna DPR dengan menuduh bahwa pembentukan Pansus adalah urusan pribadi.

"Mana urusan pribadinya? Jadi, tudingan untuk kepentingan pribadi itu, menurut saya, adalah tudingan yang melecehkan keputusan paripurna Hak Angket," katanya.

Jazilul menilai Kementerian Agama saat ini seolah ada yang ditutup-tutupi, apalagi dengan banyaknya video pembelaan terhadap Yaqut.

"Kalau tidak salah, tidak usah takut. Kalau benar, jelaskan. Mana yang benar itu. Biar publik tahu. Bukan malah meminta kiriman video. Kalau perlu, kirimkan keterangan yang benar-benar kepada masyarakat supaya masyarakat tahu apa masalahnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf curiga bahwa Pansus Pengawasan Haji DPR merupakan bentuk serangan dari Ketua Umum PKB dan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Yahya curiga ada agenda pribadi Cak Imin terhadap adiknya.

"Nah kemudian soal pansus haji, ini yang kemudian menimbulkan pertanyaan kepada kita. Apa jangan-jangan ini masalah pribadi, gara-gara menterinya adik saya misalnya, itu kan masalah," kata Yahya saat konferensi pers PBNU di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (28/7/2024).

Yahya juga curiga Cak Imin sengaja membentuk Pansus Haji untuk menyerang PBNU, karena dirinya merupakan kakak dari Yaqut yang menjadi Menteri Agama.

"Atau jangan-jangan karena sebetulnya diincar PBNU, ketua umumnya kebetulan sasinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: