Presiden Taiwan: Invasi China ke Taiwan Dampaknya Lebih Buruk daripada Perang Ukraina-Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 01 Agustus 2024 | 04:00 WIB
Presiden Taiwan Lai Ching Te memperingatkan, invasi China ke Taiwan berdampak buruk (Foto/X Lai Ching Te)
Presiden Taiwan Lai Ching Te memperingatkan, invasi China ke Taiwan berdampak buruk (Foto/X Lai Ching Te)

BeritaNasional.com - Presiden Taiwan Lai Ching Te memperingatkan, invasi China ke Taiwan hanya akan berdampak lebih buruk secara global daripada perang Ukraina-Rusia, maupun pandemi Covid-19.

Lai mengatakan hal itu selama pertemuan terbesar anggota parlemen dan pejabat tinggi dari berbagai negara di Taipei.

Para anggota parlemen dari berbagai negara mengadakan diskusi panel pada Selasa. Mereka tetap melakukan diskusi meskipun Pemerintah China kurang menyukai acara tersebut.

Lai melanjutkan, ia berharap pertemuan puncak antar anggota parlemen itu memungkinkan negara-negara lain dan dunia untuk memahami bahwa konflik di Selat Taiwan akan memiliki dampak ekonomi yang lebih besar pada dunia daripada perang Rusia-Ukraina dan pandemi Covid-19.

Dikutip dari The Independent, anggota parlemen dari berbagai negara termasuk Inggris, Australia, Jepang, dan Korea Selatan hadir ke Taipei untuk menghadiri pertemuan anggota parlemen itu. Bahkan sejumlah anggota parlemen sempat dikontak oleh pejabat China mendesak mereka untuk tidak hadir dalam acara di Taiwan itu. 

Beberapa anggota parlemen bahkan ditawari undangan untuk mengunjungi daratan China sebagai gantinya. Bahkan ada juga anggota parlemen yang diminta untuk menjelaskan mengapa mereka berencana untuk melakukan perjalanan ke Taiwan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: