Heru Diminta Pecat Direktur Transjakarta, Begini Responsnya

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 01 Agustus 2024 | 14:42 WIB
Heru diminta pecat direktur Transjakarta (Beritanasional/Lydia)
Heru diminta pecat direktur Transjakarta (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Beberapa operator Mikrotrans yang tergabung dalam Forum Komunikasi Laskar Biru (FKLB) meminta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk memberhentikan Direktur Utama dan Direktur Operasional dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Hal ini berkaitan dengan adanya dugaan operator Mikrotrans yang dijadikan anak emas karena mendapatkan kuota pengoperasian lebih banyak dibanding yang lain.

"FKLB meminta agar Direktur Utama dan Direktur Operasional segera diberhentikan karena kinerjanya mencerminkan praktek diskriminasi serta adu domba antar operator khususnya yang dilakukan oleh Direktur Operasional Transjakarta Bapak Daud Joseph," kata FKLB dalam keterangannya, dikutip Kamis (1/7/2024).

Menanggapi itu, Heru mengaku akan menampung aspirasi tersebut. Ia pun meminta Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menelusuri apakah benar kinerja mereka buruk.

Namun, jika tidak terbukti, Heru akan tetap mempekerjakan keduanya itu.

"Gini, Dinas Perhubungan akan mengevaluasi. Intinya, tentunya semua kan sesuai aturan. Mungkin regulasi yang dilakukan itu tidak sesuai aturan," kata Heru kepada wartawan, dikutip Kamis (1/8/2024).

Diberitakan sebelumnya, beberapa operator Mikrotrans melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (30/7/2024) kemarin. Setidaknya, terdapat tiga tuntutan yang mereka suarakan.

Pertama, mereka menduga adanya operator yang dianakemaskan oleh Transjakarta. Pasalnya, operator ini mendapatkan kuota lebih banyak untuk mengoperasikan angkot mereka dibanding operator lain.

Selanjutnya tuntutan kedua adalah mengizinkan kendaraan yang berusia lebih dari 10 tahun untuk tetap beroperasi.

Lalu, tuntutan terakhir adalah menaikkan Harga Penentuan Sendiri (HPS). Sebab, nilai HPS 2024 lebih kecil dibandingkan 2018. Untuk diketahui, HPS merupakan nilai yang digunakan saat lelang antara operator dan Pemprov DKI.


 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: