PAN Sebut Prabowo sudah Bertemu Ketum Parpol KIM, Bahas soal Pilkada

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 21:20 WIB
Presiden terpilih  Prabowo Subianto. (Foto/Tim Prabowo).
Presiden terpilih Prabowo Subianto. (Foto/Tim Prabowo).

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengungkap, pertemuan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan para ketum Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah dilakukan. Setelah Prabowo tiba di Indonesia, ia bertemu pimpinan partai politik untuk membahas Pilkada 2024.

"Sudah ada pertemuan, sudah ada diskusi," ujar Eddy di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (3/8/2024).

Pertemuan tersebut memang tidak dibuka kepada publik. Karena sebagian besar ketua umum partai di KIM adalah menteri di Kabinet Indonesia Maju. Karena itu para ketua umum bertemu meski bukan dalam forum khusus.

"Kan para ketua umum ini sesungguhnya ada di antara mereka adalah menteri di kabinet ya, jadi kalau pun bertemu, mungkin saya kita tidak dipublikasikan," jelas Eddy.

Adapun hasil pertemuan itu tidak bisa dibocorkan Eddy. Ia mengatakan, pada saatnya para ketua umum KIM mengumumkan ke publik terkait Pilkada 2024.

"Ya nanti, pada saatnya akan disampaikan kepada publik apa hasilnya pada konsensus ketua umum itu," ujar Eddy.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkap bakal ada Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus di Pilgub Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Maksudnya adalah KIM akan berkoalisi dengan partai non-KIM di tiga daerah tersebut.

"Koalisi Plus, Koalisi Indonesia Maju Plus. Plus ada partai lain dong yang ikut kan begitu. Akan membicarakan mengenai Pilkada tadi. Ada Jawa Tengah, ada DKI kan begitu. (Jawa Barat) Iya KIM plus," ujar Dasco di iNews Tower, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Dasco mengungkap, Prabowo akan mengumpulkan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) setelah kembali ke Indonesia. Serta partai non-KIM yang akan berkoalisi di Pilkada Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"Ini nunggu Pak Prabowo pulang. Akan ada pertemuan dari partai-partai koalisi," kata Dasco.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: