Ada KIM Plus, PDIP Pastikan Pilkada Jakarta 2024 Tak Lawan Kotak Kosong

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 04 Agustus 2024 | 11:40 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto/Panji Septo)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto/Panji Septo)

BeritaNasional.com -  PDI Perjuangan (PDIP) buka suara mengenai adanya Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di Pilkada Jakarta 2024 akibat kesepakatan Partai Golkar dan Gerindra yang mengusung Deddy Mulyadi di Pilkada Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto memastikan bahwa Pilkada Jakarta tidak akan melawan kotak kosong.

Sebab, PDIP saat ini terus berkomunikasi dengan partai politik lain untuk membangun koalisi.

“PDIP terus membangun komunikasi politik dengan partai-partai sehingga nantinya di Jakarta tidak akan ada kotak kosong,” kata Hasto dalam keterangan resminya, Sabtu (3/8/2024) malam.

Hasto berujar bahwa tidak elok jika Pilkada diisi dengan kotak kosong. Pasalnya, hal ini mencerminkan adanya kontestasi yang tidak sehat.

“Kesemrawutan Jakarta juga mencerminkan bagaimana semrawutnya persoalan-persoalan di bidang hukum, misalnya. Maka Jakarta harus menyajikan suatu kontestasi kepemimpinan yang baik,” ujar Hasto.

Lebih lanjut, PDIP juga berkomentar terkait wacana KIM Plus untuk mengusung Ridwan Kamil di Jakarta. Hasto mengaku sangat menghargai jika RK benar-benar berkompetisi.

Namun, Hasto mengingatkan bahwa PDIP juga memiliki mitra-mitra strategis yang akan merubah konstelasi politik yang ada di Jakarta.

“Proses komunikasi terus-menerus dilakukan. Ketika ada pihak-pihak yang bukan karena dukungan rakyat, kemudian oleh kekuasaan mencoba untuk menghadirkan calon tunggal di Jakarta, tentu itu tidak sehat bagi demokrasi,” tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: