Tips Bangun Pagi yang Baik untuk Kurangi Kecemasan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 05 Agustus 2024 | 06:00 WIB
Tips bangun pagi (Foto/Unsplash)
Tips bangun pagi (Foto/Unsplash)

BeritaNasional.com - Saat bangun di pagi hari, sebaiknya dilakukan dengan cara perlahan dan rileks. Begitu bangun dari tempat tidur, harus ada jeda yang dibutuhkan agar pikiran dan tubuh dapat rileks lalu secara pelan-pelan menyesuaikan diri dengan kesibukan.

Ketika memulai pagi dengan terburu-buru, maka kita akan menghadapi hari yang kacau, cemas, dan stres.

“Mengontrol kecemasan bisa dilakukan lewat banyak cara, terutama perubahan gaya hidup. Misalnya menetapkan rutinitas pagi yang konsisten, memberikan stabilitas dan menetapkan nada positif untuk hari,” kata Konsultan Psikiatri dan Psikologi Klinis di Narayana Hospital, Gurugram.

Bangun pagi bisa memakai alarm yang lembut dan melodis. Supaya bangun pagi tidak tegang dan buru-buru.

Usai bangun, luangkan waktu untuk melakukan pernapasan dalam, fokus pada ritme napas untuk menenangkan diri.

Setelah itu, mulai minum segelas air hangat dengan lemon untuk menghidrasi dan detoksifikasi tubuh. Apalagi air lemon mengandung vitamin C guna meningkatkan kekebalan, dan memperbaiki sistem pencernaan.

Kemudian diikuti dengan sarapan yang bergizi yang mencakup campuran seimbang dari protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks.

Setelah itu, mulai melakukan latihan lembut seperti yoga, peregangan, atau jalan-jalan santai. Aktivitas ini mampu meningkatkan kadar endorfin, membantu mengurangi kecemasan dan mempromosikan rasa kesejahteraan.

Anda juga bisa di luar ruangan di bawah sinar matahari pagi guna meningkatkan produksi vitamin D. Ini juga membantu meningkatkan suasana hati yang lebih baik dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Dikutip dari Antara, mulai pagi dengan menulis jurnal rasa syukur dengan mencatat tiga hal yang disyukuri, yang membantu mengalihkan fokus dari pikiran negatif dan mendorong pola pikir positif.

Lengkapi praktik ini dengan visualisasi dan afirmasi positif. Kemudian bayangkan hari-hari berjalan dengan baik dan memperkuat kepercayaan diri untuk mengurangi kecemasan tentang tantangan yang akan datang.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: