Dasco Dorong Ekshumasi Jasad Afif Maulana, Minta Proses Dijalankan dengan Benar

Oleh: Panji Septo R
Senin, 05 Agustus 2024 | 11:16 WIB
Keluarga Afif Maulana bersama LBH mendatangi Komisi III DPR RI, meminta Polri autopsi ulang jenazah Afif Maulana. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Keluarga Afif Maulana bersama LBH mendatangi Komisi III DPR RI, meminta Polri autopsi ulang jenazah Afif Maulana. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mendesak agar dilakukan ekshumasi terhadap jasad Afif Maulana (13), yang meninggal dunia dengan dugaan penganiayaan oleh kepolisian.

Dasco berjanji untuk mengawasi kasus ini sampai selesai agar seluruh prosesnya berjalan dengan jelas dan terbuka.

"Fokus utama kami adalah memastikan pelaksanaan ekshumasi dilakukan dengan benar. Kami akan memantau perkembangan kasus ini," kata Dasco dalam pertemuan dengan Komisi III DPR dan keluarga Afif pada Senin (5/8/2024).

Ia menjelaskan bahwa dia telah berkoordinasi dengan Polda Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengeluarkan surat ekshumasi dan menyerahkannya kepada keluarga Afif dan Komisi III DPR.

"Salinan surat tersebut telah dikirimkan melalui WhatsApp kepada saya, namun saya meminta agar surat itu diserahkan langsung kepada Komisi III dan keluarga korban," tambahnya.

Dasco juga meminta agar dokter yang diduga melakukan autopsi pada Afif memberikan penjelasan tentang kematian anak tersebut.

"Untuk masalah ekshumasi dan hal terkait, saya minta agar dokter luar yang melakukan autopsi memberikan keterangan singkat," jelas Dasco.

Ia menegaskan bahwa ekshumasi adalah langkah yang paling mendesak saat ini. Dasco berharap Polda Sumbar segera menerbitkan surat ekshumasi untuk menghindari spekulasi negatif.

"Ini penting agar tidak muncul anggapan bahwa Polda Sumbar tidak menanggapi atau tidak terbuka mengenai kasus ini," tutup Dasco.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: