Wakil Ketua DPR Dasco Siap Kawal Kasus Afif Maulana

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 05 Agustus 2024 | 11:20 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad siap kawal kasus Afif (Beritanasional/Elvis)
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad siap kawal kasus Afif (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mendorong ekshumasi atau penggalian mayat dari Afif Maulana (13) yang meninggal diduga dianiaya pihak kepolisian.

Dasco berjanji bakal mengawal kasus tersebut hingga tuntas agar perkara itu bisa transparan dan terang menderang.

"Jadi tujuan utamanya bagaimana ekshumasi itu dijalankan, itu akan kita kawal kasusnya," ujar Dasco dalam audiensi Komisi III DPR bersama keluarga Afif, Senin (5/8/2024).

Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak Polda Sumatera Barat (Sumbar) guna menerbitkan surat ekshumasi dan diberikan kepada keluarga Afif dan Komisi III DPR.

"Salinan surat sudah di Whatsapp ke saya, tapi saya minta agar surat itu diberikan langsung ke komisi III dan keluarga korban," tuturnya.

Selain itu, ia juga meminta seorang dokter yang diduga mengautopsi tubuh Afif turut memberi keterangan atas kematian anak tersebut. 

"Jadi ini kemudian soal ekshumasi dan lain-lain, ada saya minta dokter luar yang katanya mengautopsi memberi keterangan singkat," kata dia.

Dasco menegaskan masalah yang paling penting dilakukan saat inu adalah ekshumasi. Ia minta pihak Polda Sumbar mengeluarkan surat ekshumasi agar tidak ada prasangka buruk.

"Agar tidak ada prasangka bahwa Polda Sumbar tidak merespons atau tidak terbuka tehadap masalah ini," ucapnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: