Densus 88 Sebut 2 Terduga Pelaku Teroris di Jakarta Barat sudah Merakit Bom

Oleh: Mufit
Rabu, 07 Agustus 2024 | 19:14 WIB
Ilustrasi peledak. (foto/freepik).
Ilustrasi peledak. (foto/freepik).

BeritaNasional.com - Dua orang terduga teroris berinisial RJ dan AM ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di wilayah Jakarta Barat, Selasa (6/8/2024).

Kabag Renmin Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan, dalam penangkapan itu pihaknya mengamankan bahan kimia yang akan menjadi bahan peledak.

"Berdasarkan penyidikan yang dilakukan kita ketahui bahwa dua orang ini telah merakit pula bahan peledak, yang sudah diamankan oleh penyidik Densus 88," kata Aswin kepada wartawan, Rabu (7/8/2024).

Kendati demikian, Aswin menyampaikan bahwa kedua orang tersebut tidak tergabung dalam jaringan teror yang aktif.

Dia menyebut kedua terduga teroris itu termotivasi melakukan serangan dari paparan atau propaganda-propaganda yang mereka terima di media sosial atau internet.

"Memang akan dirakit untuk menjadi bahan peledak. Tapi kita belum sampai kepada kesimpulan bahwa akan digunakan sendiri atau mencari pengantin orang lain," ujarnya. 

"Jadi mereka teradikalisasi, terpapar, dan kemudian memiliki niat untuk melakukan serangan tersebut, termotivasi dari kegiatan di sosial media," sambungnya. 

Selain mengamankan dua terduga teroris, Aswin menambahkan pihaknya menyita barang bukti dari penangkapan ini di antaranya satu unit senjata air soft gun, dan bendera ISIS.

Kemudian, beberapa jaket atau pakaian-pakaian seragam ISIS, beberapa pisau lipat, bahan kimia yang merupakan bahan peledak, satu unit gadget atau hp dan beberapa senjata tajam lainnya.

"Itu beberapa barang bukti kami amankn di lokasi, selanjutnya akan dilakukan pendalaman secara detail," tuturnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: