Soal PKS Gabung KIM di Pilgub Jakarta, Prabowo: dalam Waktu yang Tepat Kami Umumkan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 08 Agustus 2024 | 22:30 WIB
Ketum Gerindra Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Ahda)
Ketum Gerindra Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Ahda)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengungkap dalam waktu yang tepat akan mengumumkan PKS sebagai anggota baru Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk bekerja sama di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Prabowo mengaku terus berkomunikasi dan berkonsultasi dengan PKS.

"Ya, ini terus kami konsultasi, komunikasi. Insya Allah, dalam waktu yang tepat kami umumkan," kata Prabowo di Jalan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Sementara itu, malam ini, Prabowo juga bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Presiden terpilih ini mengaku hanya diundang untuk hadir Muktamar PKB pada akhir tahun 2024 ini.

Prabowo belum memastikan apakah PKB juga akan menyusul PKS yang sudah hampir dipastikan bakal gabung dengan KIM.

"Ya, saya diundang Muktamar PKB. Insyaallah hadir," kata menteri pertahanan ini.

Sebelumnya, Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengakui pihaknya telah membangun komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) agar bisa mencalonkan tokoh di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Hal itu diucapkannya lantaran PKS belum menemukan partner koalisi untuk mencalonkan Anies Baswedan sebagai cagub Jakarta 2024 meski menjadi pemenang pemilu.

"PKS mulai membuka komunikasi dengan semua pihak agar ada kepastian bahwa kami bisa ikut berkontestasi di pilkada," ujar Kholid kepada wartawan pada Rabu (7/8/2024).

Menurut dia, salah satu opsi yang dimiliki PKS adalah mencalonkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama KIM dalam Pilgub Jakarta 2024.

"Salah satu opsi komunikasi tersebut adalah membangun komunikasi politik dengan KIM di mana RK sebagai calon definitif mereka saat ini. Opsi ini sedang dikaji oleh pimpinan PKS," tuturnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: