Sudah Lama Dipersiapkan, Golkar Tetap Ngotot Usung Airin di Pilgub Banten

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 09 Agustus 2024 | 10:01 WIB
Mantan Wali Kota Tangerang Selatan sekligus bakal Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany. (BeritaNasional/Panji Septo).
Mantan Wali Kota Tangerang Selatan sekligus bakal Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany. (BeritaNasional/Panji Septo).

BeritaNasional.com - Partai Golkar tidak mengubah rencananya untuk mengusung Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur Banten. Sebab, Airin sudah disiapkan menjadi calon gubernur Banten sejak empat tahun lalu ketika masih memimpin sebagai wali kota Tangerang Selatan.

"Sejak awal Partai Golkar memang sudah berniat mengusung ibu Airin sebagai calon gubernur, ini sudah dipersiapkan dari tiga tahun empat tahun yang lalu," ungkap Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia kepada wartawan, dikutip Jumat (9/8/2024).

Golkar sudah melalui tahap proses dan pengujian terhadap Airin untuk didorong sebagai calon gubernur Banten. Salah satu ujian itu adalah ketika Golkar mencalonkan Airin sebagai calon anggota DPR pada Pemilu 2024.

Hasilnya, Airin mampu lolos ke Senayan dengan meraup sekitar 350 ribu suara.

"Nah oleh karena itu atas dasar itu kami tetap mengambil keputusan bahwa Ibu Airin kita akan calonkan sebagai calon gubernur," tegas Doli.

Golkar mengambil sejumlah langkah agar Airin mendapatkan tiket sebagai calon gubernur. Airin sudah ditawarkan kepada partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan partai di luar KIM.

Namun, hari-hari ini, mayoritas partai di KIM mengusung duet Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.

"Ada yang menerima Alhamdulillah, yang tidak menerima dan kemudian mengusung nama yang lain juga tidak ada masalah. Karena kan selama ini juga kita dalam kontestasi pilkada sudah terbiasa seperti itu," kata Doli.

Sementara saat ini yang belum mengumumkan dukungan calon gubernur salah satunya adalah PDI Perjuangan. Doli mengatakan, Golkar terus membuka komunikasi dengan seluruh partai politik, termasuk PDIP dan partai-partai di KIM.

"Ini kan masih ada sisa dua puluhan hari lagi ya, ya mana tau kan ada perubahan, ya kita bisa bersama-sama lagi gitu, ya itu tentu menjadi harapan kita gitu," ujar Doli. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: