Begini Proses Kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Jakarta ke IKN

Oleh: Mufit
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 09:51 WIB
Prosesi kirab bendera pusaka Merah Putih. (Foto/tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).
Prosesi kirab bendera pusaka Merah Putih. (Foto/tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memimpin langsung pelepasan kirab bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi dari monumen nasional (Monas) menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sabtu (10/8/2024).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf mengatakan, kirab bendera akan dilakukan dari Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma. Lalu diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

Adapun rute kirab budaya tersebut melewati patung Kuda Arjuna Wijaya di silang Jalan Merdeka Selatan menuju Jalan MH. Thamrin, Bundaran HI, Jembatan Semanggi kemudian tiba di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Ini akan menggunakan kendaraan taktis Maung buatan Pindad kita, sekaligus menggunakan produksi dalam negeri," kata Yusuf kepada wartawan di sela-sela pelepasan bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi itu di Monas.

Dia menjelaskan, Tim Purna Paskibraka 2023 yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Sedangkan yang bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan. Kemudian melibatkan sekitar 180 abang none dari DKI Jakarta,  122 Purna Paskibraka Provinsi DKI Jakarta dan juga melibatkan dari siswa siswi IPDN, maupun politeknik serta Pamong Praja.

"Jadi semua dilibatkan termasuk juga kesenian Juga kearifan lokal tentu akan kita angkat untuk mengiringi kirab duplikat bendera sang merah putih dan teks proklamasi," ujarnya. 

Yusuf menjelaskan, setiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN. 

Purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih, yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

"Proses kirab tahun ini menjadi sejarah karena pertama kalinya dibawa ke IKN. Ia menilai prosesi itu melambangkan penghormatan terhadap perjuangan bangsa," ujarnya. 

Duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan tiba di IKN pada hari yang sama, yakni hari ini (10/8/2024). Nantinya bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: