Pemprov DKI Bakal Angkat 2.704 Guru Honorer Jadi KKI Tahun Ini

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 11 Agustus 2024 | 17:45 WIB
Ilustrasi pelajar. (BeritaNasional/Pemprov DKI Jakarta)
Ilustrasi pelajar. (BeritaNasional/Pemprov DKI Jakarta)

BeritaNasional.com -  DPRD DKI Jakarta dan Pemprov sepakat untuk mengangkat seluruh guru honorer menjadi guru berstatus kontrak kerja individu (KKI) pada tahun ini.

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria, mengatakan jumlah guru honorer yang tercatat hingga saat ini adalah 2.704 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 2.654 guru honorer dan 50 guru Sekolah Luar Biasa (SLB).

“Dari 4.127 orang yang sempat menjadi perbincangan, 2.654 di antaranya adalah guru. Sisanya adalah tenaga kependidikan. Selain itu, ada 50 guru SLB yang juga masih kekurangan,” kata Iman kepada wartawan pada Minggu (11/8/2024).

Iman menjelaskan bahwa pengangkatan guru SLB akan melalui seleksi yang sangat ketat, termasuk beberapa tes. Mengajar anak-anak berkebutuhan khusus memerlukan kemampuan khusus.

“Memang dibutuhkan keahlian khusus. Tanpa tes, bagaimana kita bisa menilai cara berbicara, gerak, dan body language-nya, itu semua memerlukan keahlian khusus,” ujar Iman.

Di kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Budi Awaludin, memastikan bahwa 2.654 guru honorer dan 50 guru SLB akan direkrut sebagai KKI.

“Seluruh guru honorer yang belum diangkat tahun lalu, tahun ini akan diangkat melalui KKI,” kata Budi.

Namun, 1.423 tenaga kependidikan honorer, seperti petugas kebersihan, petugas keamanan, dan petugas administrasi, akan menjadi Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) pada tahun 2025.

“Tahun depan mereka akan migrasi ke PJLP, sehingga akan dianalisis terlebih dahulu oleh ORB dan BKD. Belum ada penetapan analisis jabatan (Anjab)-nya,” tandas Budi.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: