PKB Soal Dukungannya ke Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024: Cuaca Menunjukan Perubahan

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 12 Agustus 2024 | 19:52 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menganalogikan dukungan partainya terhadap Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta 2024 seperti cuaca yang berubah.

Namun, Jazilul enggan hal itu diartikan sebagai pencabutan dukungan terhadap Anies.

"Bukan menarik dukungan. Artinya, usulan dari DPW PKB DKI belum mulus. Awalnya kan mulus sekali, ternyata cuaca menunjukkan perubahan," kata Jazilul di Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2024).

Meski demikian, Jazilul memastikan bahwa PKB akan merapat ke Partai Gerindra dalam Pilkada Jakarta 2024.

Oleh karena itu, ia mempersilakan seluruh pihak untuk menafsirkan apakah hal tersebut berarti mencabut dukungan terhadap Anies atau tidak.

"Ya itu bisa ditafsirkan saja. Semuanya bisa saling menafsirkan, tapi sebelum sampai keputusan yang formal, jangan diambil keputusan. Kan bisa berubah-ubah politiknya," tegas Jazilul.

Diberitakan sebelumnya, Jazilul Fawaid mengungkapkan bahwa partainya tengah mempertimbangkan apakah akan terus mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Sebab, lanjut Jazilul, PKB akan berkoalisi dengan Partai Gerindra. Oleh karena itu, keputusan mengenai pengusungan Anies atau tidak akan berada di tangan Gerindra.

"PKB mempertimbangkan dinamika-dinamika yang berkembang, termasuk ketika kami membangun komitmen bersama Partai Gerindra. Tapi kalau Partai Gerindra oke, ya kami oke," kata Jazilul di Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2024).

Meski demikian, PKB telah menyampaikan secara resmi kepada Gerindra bahwa partainya mengusung Anies. Oleh karena itu, barulah nanti kedua belah pihak akan berunding untuk menentukan nama yang tepat untuk didorong dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Makanya kami berupaya juga untuk menyampaikan kepada Partai Gerindra apa yang menjadi usulan DPW DKI," ujar Jazilul.

"Kalau PKB kan sudah jelas ada usulan dari DPW. Ya nanti kalau Gerindra menyebutkan calon, setahu saya Gerindra juga sudah punya calon, tinggal dirembukkan saja," tambahnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: