Polri Akan Gelar Operasi untuk Menyambut Kedatangan Paus Fransiskus

Oleh: Mufit
Rabu, 14 Agustus 2024 | 18:30 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto/Humas Polri)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto/Humas Polri)

BeritaNasional.com - Polri akan menggelar Operasi Terpusat Tribrata Jaya 2024 selama enam hari untuk mengamankan kunjungan Paus Fransiskus yang dijadwalkan pada 3-6 September 2024.

“Kegiatan kepolisian dalam rangka pengamanan selama waktu enam hari, dari 2 sampai 7 September 2024,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi pada Rabu (14/8/2024).

Menurut Truno, pengamanan dilakukan dari sebelum hingga sesudah kedatangan Paus Fransiskus.

“Setiap rangkaian kegiatan baik pra, pada saatnya nanti, dan pasca kegiatan tersebut, Polri akan mengamankan kunjungan atau kedatangan tersebut,” tuturnya.

Operasi Tribrata Jaya ini menurunkan 4.520 personel yang merupakan 1.077 anggota Mabes Polri dan 3.443 anggota Polda Metro Jaya.

Paus Fransiskus sendiri dijadwalkan datang pada 3 September 2024 pukul 11.30 WIB. Sehari setelah kedatangannya, Paus akan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada pukul 10.00 WIB.

Pada 5 September 2024, Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri interreligious meeting atau pertemuan dengan para tokoh antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB.

Setelahnya, Paus Fransiskus akan bertemu dengan penerima manfaat organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Di sore hari, Paus Fransiskus akan mengadakan misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Acara itu akan dihadiri puluhan ribu umat Katolik Indonesia.

Tak hanya agenda Paus Fransiskus, Operasi Tribrata Jaya juga akan mengamankan International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang berlangsung pada 4-6 September.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: