Apa Itu Gempa Megathrust? Pengertian hingga Potensi Terjadi di Indonesia

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 15 Agustus 2024 | 02:01 WIB
Ilustrasi gempa dan tsunami. (Foto/Freepik)
Ilustrasi gempa dan tsunami. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Gempa megathrust tengah ramai diperbincangkan oleh semua kalangan karena dapat mengakibatkan tsunami dan bencana lainnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, gempa megathrust adalah gempa bumi yang sangat besar yang terjadi di zona subduksi, wilayah tempat salah satu lempeng tektonik bumi terdorong di bawah lempeng lainnya. 

Kedua lempeng biasanya terus bergerak mendekati satu sama lain sehingga berpotensi bersentuhan dan mengalami pergesekan. 

Akhirnya, terjadi penumpukan regangan yang melebihi gesekan antara kedua lempeng, lalu gempa megathrust besar terjadi.

Seperti yang telah disebutkan gempa bumi megathrust merupakan gempa bumi terbesar di dunia.

Ada beberapa wilayah Indonesia yang sangat berpotensi mengalami gempa megathrust. Salah satunya adalah Provinsi Bengkulu.

Dilansir dari Antara, pengamat Meteorologi dan Geofisika Muda BMKG Kepahiang Sabar Ardiansyah menjelaskan Provinsi Bengkulu sejak dahulu hingga saat ini merupakan wilayah aktif gempa dan tsunami, karena dilalui zona subduksi megathrust baik di darat maupun lautan terdapat patahan atau sesar.

Untuk itu, kata dia, secara teori dengan sering terjadinya gempa di wilayah Provinsi Bengkulu bermagnitudo yang rendah, seperti di bawah lima  dapat mengurangi energi potensi gempa dengan kekuatan besar tersebut.

Ia menyebutkan Provinsi Bengkulu terdapat dua segmen potensi gempa yaitu Megathrust Enggano dan segmen Megatrust Mentawai - Pagai bermagnitudo 7,9 yang berdampak langsung di Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Namun, BMKG mengimbau seluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu untuk tidak panik dan tetap waspada terkait potensi gempa Megathrust Enggano dengan magnitudo maksimal mencapai 8,9.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk tidak panik terkait isu gempa megathrust, sebab kita tahu bahwa memang Bengkulu potensi kegempaan cukup tinggi," kata Pengamat Meteorologi dan Geofisika Madya BMKG Kepahiang Yoki Gustiawan di Kota Bengkulu, Rabu.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: