Indosat Gandeng Microsoft untuk Revolusi Perusahaan Teknologi Berbasis AI

Oleh: Imantoko Kurniadi
Kamis, 15 Agustus 2024 | 18:33 WIB
Indosat Ooredoo Hutchison gandeng microsoft akselerasi transformasi menjadi TechCo melalui pemanfaatan AI. (BeritaNasional/Doc. IOH)
Indosat Ooredoo Hutchison gandeng microsoft akselerasi transformasi menjadi TechCo melalui pemanfaatan AI. (BeritaNasional/Doc. IOH)

BeritaNasional.com -  Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengungkapkan komitmennya untuk beralih dari perusahaan telekomunikasi menjadi perusahaan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI).

Perusahaan ini berencana memanfaatkan AI secara menyeluruh dalam operasionalnya. Dalam rangka memperkuat kemitraan strategis dengan Microsoft, Indosat memanfaatkan Copilot for Microsoft 365, asisten AI terintegrasi, untuk meningkatkan produktivitas dan memperluas konektivitas di seluruh Indonesia.

Sanjeev Rawat, Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menekankan tujuan perusahaan dalam kemitraan dengan Microsoft, “Di Indosat, kami tidak hanya mengadopsi AI dalam strategi kami, tetapi juga membudayakan inovasi. Kami bertujuan memberdayakan setiap individu di Indonesia dengan solusi berbasis AI, memastikan teknologi memberikan dampak positif bagi masyarakat,” kata Sanjeev, seperti dikutip dari keteranganya, Kamis (15/8/2024).

Pendekatan Indosat sesuai dengan laporan Microsoft Work Trend Index 2024, yang mengidentifikasi perubahan dalam cara kerja di Indonesia melalui penggunaan AI.

Studi tersebut menunjukkan bahwa 92 persen profesional di Indonesia memanfaatkan AI generatif di tempat kerja, dan 92 persen pemimpin menganggap AI krusial untuk meningkatkan daya saing.

Tingginya adopsi ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi AI dalam berbagai sektor tenaga kerja, di mana pemimpin yang memahami nilai AI dapat memotivasi karyawan dan meningkatkan keuntungan bisnis.

“Dalam tim teknologi informasi dan operasi digital kami, sering kali kami terlalu fokus pada aspek teknis dan kekurangan waktu untuk tugas-tugas rutin seperti pembuatan dokumen dan manajemen konten. Copilot for Microsoft 365 berfungsi sebagai mitra cerdas yang mempermudah tugas-tugas tersebut. Alat ini tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga memungkinkan kami fokus pada inisiatif strategis dan pelayanan pelanggan. Dengan pengelolaan sumber daya yang efisien, Indosat dapat meningkatkan kualitas layanan untuk lebih dari 100 juta pelanggan dan mendukung pertumbuhan perusahaan,” tambah Sanjeev.

Secara teknologi, Copilot for Microsoft 365 membantu menyederhanakan berbagai pekerjaan seperti pengaturan jadwal, merangkum notulen rapat, menyiapkan email, dan banyak lagi.

Penggunaannya di Indosat kini meluas ke berbagai divisi, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B), dan Jaringan. Dalam proses transisi dari Telco ke AI Native TechCo, Indosat didukung oleh Microsoft untuk memanfaatkan Copilot guna meningkatkan dampak bisnis dan kontribusi strategis terhadap konektivitas digital.

Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, mengatakan, “Kami merasa terhormat mendukung Indosat dalam transformasi AI mereka dari perusahaan Telco menjadi TechCo.

Integrasi Microsoft Copilot dalam pekerjaan sehari-hari tidak hanya meningkatkan produktivitas internal perusahaan, tetapi juga memiliki dampak luas di luar Indosat.

Dengan peningkatan efektivitas dan inovasi, Indosat mendorong konektivitas digital di seluruh Indonesia. Ini menunjukkan kekuatan teknologi dalam menciptakan dampak sosial, dan Microsoft sangat bersemangat menjadi bagian dari perjalanan bersejarah ini.”sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: