Bamsoet Sebut Peran MPR Sangat Krusial, Buat Rancangan Pokok-Pokok Haluan Negara

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 11:22 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat berpidato di Sidang tahunan MPR 2024. (Foto/Tangkapan layar YouTube)
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat berpidato di Sidang tahunan MPR 2024. (Foto/Tangkapan layar YouTube)

BeritaNasional.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjabarkan peran MPR yang sangat krusial dalam Sidang Tahunan 2024 yang digelar di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Menurut dia, di tengah dinamika zaman seperti sekarang, MPR berperan menjaga harmoni Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

‘’MPR adalah forum permusyawaratan yang menyatukan suara rakyat dan memastikan bahwa setiap keputusan yang diambil mencerminkan kepentingan bersama,’’ ucapnya saat berpidato.

Pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut menjelaskan eksistensi MPR menjadi ruang artikulasi sekaligus untuk memastikan aspirasi dan kepentingan rakyat secara umum terakomodir dalam proses pelaksanaan kebijakan- kebijakan nasional.

‘’Jalinan konstitusional tersebut memerlukan sebuah haluan negara untuk memastikan bahwa visi berbangsa dan bernegara tetap terarah dan konsisten dengan nilai- nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,’’ tuturnya.

Bamsoet melanjutkan, jalinan antara Pancasila yang berisi nilai-nilai falsafah, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengandung hukum dasar tertulis, dan haluan negara adalah jantung dari praktik kehidupan berbangsa dan bernegara kita.

Haluan negara merupakan guidance principles untuk menjalankan pembangunan nasional dan penyelenggaraan pemerintahan Indonesia yang berkelanjutan. 

‘’Ide besar menghadirkan kembali haluan negara merupakan wujud kepedulian MPR dalam rangka mempercepat terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur pada tahun 2045,’’ ucapnya.

Bamsoet mengajak seluruh elemen bangsa berkomitmen, menjaga, dan merawat jalinan antara Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan haluan negara. 

‘’Marilah kita biarkan cahaya Pancasila menerangi jalan kita, nadi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menjaga keseimbangan, dan haluan negara adalah jembatan menuju masa depan untuk menggenggam erat cita-cita luhur yang telah ditetapkan, dan menjadikannya sebagai api yang membakar semangat kita,’’ ucapnya.

Bamsoet juga mengungkapkan kerja yang dilakukan olehnya dan kolega selama duduk di MPR. Misalnya, menyusun rancangan Pokok-Pokok Haluan Negara.

‘’Kami telah menyusun rancangan Pokok-Pokok Haluan Negara tersebut yang akan disampaikan dalam Sidang Akhir Masa Jabatan MPR RI periode 2019-2024 untuk menjadi rekomendasi pembahasan dan putusan bagi MPR RI periode selanjutnya.

Adanya Pokok-Pokok Haluan Negara, menurut dia, akan menghasilkan penataan dan pengaturan penyelenggaraan negara yang harmonis, demokratis, dan berkualitas, karena Pokok-Pokok Haluan Negara akan menjadi pokok panduan bagi seluruh penyelenggaraan negara. 

‘’Dengan haluan negara sebagai kompas kita, Indonesia akan terus maju, menggapai bintang-bintang dan menyongsong hari esok dengan penuh keyakinan dan kebanggaan,’’ tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: