Bicara Pemilu, Megawati Soroti Persoalan Ini

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 17 Agustus 2024 | 15:25 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (BeritaNasional/Elvis).
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan, Pemilu sesungguhnya sebagai wahana menunjukan hak rakyat dapat digunakan dengan baik. Sayangnya, kata Megawati, Pemilu langsung, umum, bebas dan rahasia belum bisa menjadi kenyataan.

"Pemilu adalah sebenarnya suatu wahana untuk menunjukkan bahwa hak rakyat sepenuhnya itu dapat digunakan dengan baik. Saya tidak terbayangkan bahwa pemilihan yang katanya pemilihan umum, lalu, Luber, langsung umum, bebas, rahasia dengan segala slogannya, tetapi tidak menjadi sebuah kenyataan," ujarnya saat pidato dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang digelar PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Presiden kelima RI ini berharap hak rakyat dalam pemilu untuk mencari pemimpinnya diberikan sepenuhnya. Bukan disajikan pemimpin yang dipaksakan.

"Berilah sekali lagi, berilah hak rakyat untuk dapat mencari pemimpinnya yang benar-benar itu bagi mereka adalah pemimpin yang sejati. Bukan mencari atau dipaksakan untuk mencari pemimpin yang pada kenyataannya belum mempunyai kader sebagai pemimpin yang mumpuni," kata Megawati.

Karena itu, Megawati meminta kepada kader PDIP untuk bisa memberikan hak tersebut kepada rakyat. Berikan rakyat kesempatan untuk memilih pemimpin yang mumpuni.

"Sanggupkah kalian untuk melindungi rakyat, untuk memberikan hak rakyat sepenuhnya di tangan mereka. Biarkan mereka merasakan sukacita bahwa tangannya ini kalau nanti akan mencoblos, maka dia mencoblos seseorang yang benar seorang pemimpin yang mumpuni," kata Megawati.

"Dan ingat, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Sekali lagi, selamat berjuang," pungkasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: