Begini Respons PDIP Soal Seluruh Partai Dukung RK-Suswono di Pilkada Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 19 Agustus 2024 | 19:48 WIB
Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. (BeritaNasional/Lydia)
Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Hampir seluruh partai politik memberi dukungan kepada Ridwan Kamil-Suswono untuk berlaga di Pilkada Jakarta 2024. Oleh karena itu, hanya PDI Perjuangan (PDIP) yang belum mengusulkan kandidat.

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengakui bahwa hal ini membuat partainya tidak bisa mengajukan calon lain di Jakarta.

Pasalnya, perolehan kursi PDIP di DPRD Jakarta tidak memenuhi jumlah syarat minimal untuk mengusulkan calon sendiri.

“Deklarasi itu kita bisa melihat, bagaimana nantinya kalau itu terjadi maka PDIP secara otomatis tidak bisa mencalonkan,” kata Djarot kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024).

Selanjutnya, Djarot menyebut PDIP akan mengamati dinamika politik yang terjadi, apakah RK-Suswono melawan kotak kosong atau menghadapi calon dari jalur independen yang diduga sengaja diloloskan.

“Ya, melawan kotak kosong, mari kita lihat. Atau ini akan berusaha diloloskan calon independen sebagai calon boneka, karena banyak sekali masukan suara dari warga yang merasa atau membuktikan KTP-nya dibegal. KTP-nya dicatut,” ujar Djarot.

Oleh karena itu, Djarot menegaskan bahwa posisi PDIP akan tetap bersama rakyat dalam situasi apapun.

“Jakarta menjadi percontohan perpolitikan di Indonesia. Jadi kami akan di posisi itu dan kami akan selalu bersama dengan rakyat, yang mana rakyat menginginkan ada pilihan-pilihan yang sehat di dalam pertarungan kontestasi kepala daerah, utamanya di Jakarta,” urai Djarot.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: