Bahlil Mendaftar Jadi Ketum Partai Golkar

Oleh: Panji Septo R
Senin, 19 Agustus 2024 | 20:48 WIB
Bahlil mendaftar jadi Ketum Partai Golkar (Beritanasional/Panji)
Bahlil mendaftar jadi Ketum Partai Golkar (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Bahlil Lahadalia telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum Partai Golkar pada Senin (19/8/2024) sekitar pukul 20.00 WIB. Menurutnya, pencalonan sebagai ketum Partai Golkar telah ia ikhtiarkan sejak tahun lalu.

"Alhamdulillah hari ini saya menuntaskan ikhtiar. Saya pernah menyampaikan, Insya Allah kalau ada kompetisi yang dibuka di Partai Golkar saya akan ikut menjadi salah satu peserta," ujar Bahlil di DPP Partai Golkar, Senin (19/8/2024).

Bahlil mengatakan, ia dibesarkan dengan sebuah sistem demokrasi, kompetisi, dan tata kelola organisasi yang baik. Hal itu mendorongnya untuk mencalonkan diri sebagai ketua umum partai berlogo pohon beringin.

"Hari ini saya menuntaskan itu dengan mendaftarkan diri lengkap sesuai AD/ART pasal 18 tentang syarat-syarat pencalonan calon ketua umum," tuturnya.

Ia juga memaparkan persyaratan mencalonkan diri sebagai ketua umum Partai Golkar yang tertera di dalam AD/ART. Di antaranya, pernah menjadi pengurus DPP Atau sedang menjadi pengurus DPP Atau setingkat di bawahnya.

"Atau dan minimal 1 tahun jadi pengutus Partai Golkar. Kemudian, calon tersebut harus mendapat dukungan minimal 30 persen dari total suara pemilih," kata dia.

Menurutnya, saat ini ia sudah menyerahkan surat keterangan tidak pernah menjadi pengurus DPP. Akan tetapi, ia mengeklaim pernah menjadi pengurus DPP Golkar Provinsi 2009-2014.

"SK-nya ditandatangani Pak Aburizal Bakrie dan Pak Idrus Marhan, tadi sudah saya berikan kepada mereka," ucapnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: