Akan Ditetapkan sebagai Ketum Golkar, Bahlil Punya Kewenangan Penuh Tentukan Pengurus

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 21 Agustus 2024 | 11:08 WIB
Bahlil Lahadalia (tengah) bersama Bambang Soesatyo dan Agus Gumiwang dalam Rapimnas dan Munas Golkar di JCC, Senayan, Jakarta. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Bahlil Lahadalia (tengah) bersama Bambang Soesatyo dan Agus Gumiwang dalam Rapimnas dan Munas Golkar di JCC, Senayan, Jakarta. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Munas akan menetapkan Bahlil Lahadalia sebagai ketua umum (Ketum) Golkar periode 2024-2029 secara aklamasi pada Rabu (21/8/2024). 

Pada pandangan umum, Bahlil sudah didukung seluruh DPD I dan DPD II serta hasta karya sebagai Ketum baru Golkar.

"Iya, jam 10.00 pagi ini kemungkinan besar aklamasi karena sesuai dengan pandangan umum pandangan umum yang kemarin. Semalam kami dengarkan hampir semua pemegang hak suara baik dari DPD I, DPD II, Hasta Karya, pandangan umumnya semua mengatakan memilih Pak Bahlil Lahadalia untuk menjadi Ketum 2024-2029," kata Ketua Pimpinan Sidang Munas Adies Kadir di JCC, Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Bahlil sudah ditetap sebagai formatur tunggal. Ia memiliki kewenangan untuk menentukan susunan kepengurusan Partai Golkar 2024-2029 hingga menunjuk ketua dewan pembina.

Adies mengatakan bisa saja Bahlil mengangkat posisi ketua harian apabila dibutuhkan.

"Artinya, beliau lah yang akan mengatur komposisi kepengurusan DPP Partai Golkar periode 2024-2029 ini. Kalau beliau membutuhkan ketua harian, ya mungkin ditambah ketua harian, seperti itu," ujarnya.

Selain itu, Bahlil punya kewenangan penuh menentukan jabatan dewan di Partai Golkar. Termasuk memilih siapa yang akan menjabat sebagai ketua dewan pembina Partai Golkar.

"Ya, jadi ketua umum tentunya akan menentukan siapa yang akan menjadi Dewan Pembina, siapa yang menjadi Dewan Kehormatan, siapa yang menjadi Dewan Etik, mungkin juga ketua harian, dan sekretaris," kata Adies.

Sebelumnya, Politikus Partai Golkar Ali Mochtar Ngabalin mengungkap berkembang usulan Presiden Joko Widodo menjadi ketua dewan pembina Partai Golkar periode 2024-2029. Dalam forum Munas, aspirasi muncul dari pengurus daerah meminta kesediaan Jokowi mengisi jabatan tersebut.

"Di forum ini juga ya iya ini sekarang yang aspirasi sedang terus berkembang dan baik dari daerah-daerah yang ada di forum Munas ini adalah meminta kesediaan Bapak Jokowi menjadi ketua dewan pembina Partai Golkar untuk 2024-2029," kata Ngabalin di lokasi Munas, JCC, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Ngabalin menuturkan, selain penetapan Bahlil Lahadalia sebagai ketua umum, Munas menetapkan ketua dewan pembina. Aspirasinya kader Golkar meminta Jokowi sebagai ketua dewan pembina.

"Ini sekarang aspirasi yang berkembang untuk pertama kali ketua umum tunggal ketua umum adalah Pak bahlil lahadalia dan nanti Munas akan menetapkan ketua dewan pembina," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: