Golkar Jamin Tak Ada Perubahan Dukungan Kepala Daerah Meski Ada Putusan MK, Termasuk Pilkada Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 21 Agustus 2024 | 12:15 WIB
Politisi Golkar Dave Laksono (tengah). (Foto/instagram/davefikarno)
Politisi Golkar Dave Laksono (tengah). (Foto/instagram/davefikarno)

BeritaNasional.com - Politikus Partai Golkar Dave Laksono menjamin bahwa Partai Golkar tidak akan mengubah dukungan kepada daerah yang sudah diputuskan. Termasuk kepada Ridwan Kamil dan Suswono di Pilkada 2024.

Kendati ada putusan Mahkamah Konstitusi yang mengubah persyaratan ambang batas calon kepala daerah. Dave menjelaskan, penjaringan calon kepala daerah sudah berjalan hampir 1,5 tahun. Kini sudah ada beberapa daerah yang diberikan keputusan final.

"Ya kita kan gini, kalau untuk pilkada-pilkada kan sebagian memang sudah keluar rekomendasi, nah itu kan sudah berjalan, sudah lama, sudah hampir 1,5 tahun. Bahkan dari sebelum pemilu kita sudah melaksanakan mulai dari penjaringan, survei tahap 1, 2, 3," kata Dave di JCC, Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Karena itu, Golkar tidak akan menarik dukungan kepada calon kepala daerah yang sudah diberikan rekomendasi. Termasuk dengan Pilkada Jakarta 2024.

"Kita tidak akan mengubah sikap-sikap kita yang sudah final. Apalagi pilkada Jakarta," kata Dave.

Sementara, Golkar akan melakukan penandatanganan rekomendasi ulang kepada calon kepala daerah. Karena ada perubahan susunan kepengurusan setelah Airlangga Hartarto mengundurkan diri sebagai ketua umum. Golkar baru menggelar Munas untuk memilih ketua umum dan kepengurusan baru.

"Nah jadi nanti setelah selesai formatur, kepengurusan itu resmi terdaftar, baru dengan sekjen baru mengeluarkan rekomendasi itu," kata Dave.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: