Langkah Konkret Pos Indonesia dan Mitsubishi dalam Transformasi Logistik Hijau di IKN

Oleh: Imantoko Kurniadi
Kamis, 22 Agustus 2024 | 14:40 WIB
PosIND dan Mitsubishi perkenalkan kendaraan listrik untuk logistik berkelanjutan di IKN. (BeritaNasional/Doc. MMKSI)
PosIND dan Mitsubishi perkenalkan kendaraan listrik untuk logistik berkelanjutan di IKN. (BeritaNasional/Doc. MMKSI)

BeritaNasional.com -  PT Pos Indonesia (PosIND) di Ibu Kota Nusantara, yang berlokasi di Kawasan Hunian ASN, Kalimantan Timur, resmi memperkenalkan dua model kendaraan listrik ramah lingkungan, yaitu Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter, yang dirancang untuk digunakan dalam operasional harian.

Kehadiran kedua kendaraan ini merupakan langkah nyata PosIND dalam mendukung pengembangan layanan publik yang modern dan berkelanjutan di Ibu Kota baru.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat terkait, termasuk perwakilan dari Kementerian PUPR dan Otorita Ibu Kota Nusantara, yang bersama-sama menunjukkan komitmen mereka untuk menciptakan ekosistem transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota Nusantara.

"Nusantara Logistics Hub di Ibu Kota Nusantara diharapkan dapat menjadi ekosistem transportasi ideal, baik dari segi infrastruktur maupun sarana dan fasilitas pendukung lainnya, yang nantinya bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Lebih lanjut, kami berencana memanfaatkan Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter dalam berbagai kegiatan operasional PT Pos Indonesia, khususnya di Ibu Kota Nusantara. Partisipasi Mitsubishi dalam kegiatan ini juga mencerminkan dukungan penuh perusahaan terhadap program-program lingkungan yang sedang dicanangkan di Ibu Kota baru ini. Dengan dukungan infrastruktur yang memadai, kendaraan-kendaraan listrik ini akan menjadi bagian integral dari solusi mobilitas di masa depan, membantu Indonesia mencapai target pengurangan emisi serta mendorong adopsi teknologi ramah lingkungan di berbagai sektor industri," kata Hany Sartana, Executive Vice President Regional 6 PT Pos Indonesia (Persero), dikutip dalam keteranganya, Kamis (22/8/2024).

Keberlanjutan atau sustainability telah menjadi fondasi utama dalam strategi Mitsubishi untuk mendukung masyarakat Indonesia dalam jangka panjang. Mitsubishi terus mempertahankan komitmennya di era baru ini dengan mendukung inisiatif hijau yang berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat luas.

Kolaborasi antara PT Pos Indonesia dan Mitsubishi dimulai beberapa tahun lalu melalui kegiatan uji coba atau Proof of Concept (PoC) untuk L100 EV dan eCanter, yang semakin memperkuat hubungan dan kepercayaan di industri logistik.

Dalam upaya ini, MMKSI dan Pos Indonesia melakukan studi bersama melalui kegiatan uji coba dengan menggunakan model Mitsubishi L100 EV selama 11 bulan, dari April 2022 hingga Maret 2023. Hasil dari kegiatan PoC ini menunjukkan bahwa Mitsubishi L100 EV mampu memenuhi kebutuhan operasional logistik harian dengan baik.

PosIND juga menyoroti keunggulan Mitsubishi L100 EV dan mulai menggunakannya dalam berbagai kegiatan operasional, baik selama uji coba di area Nusantara Logistics Hub di Ibu Kota Nusantara, maupun dalam bisnis logistik di berbagai wilayah Indonesia.

"Sebagai bagian dari visi kami untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, Mitsubishi berkomitmen untuk menyediakan solusi mobilitas ramah lingkungan, terutama di kawasan strategis seperti Ibu Kota Nusantara. Kami bangga bisa berkontribusi dalam mendukung PosIND dengan menggunakan Mitsubishi L100 EV, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan logistik modern yang efisien dan berkelanjutan. Kami yakin berbagai keunggulan ini membuat Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif, baik dari segi spesifikasi maupun harga yang ditawarkan. Dengan demikian, model ini bisa diterima dengan baik oleh pelanggan Indonesia yang membutuhkan kendaraan operasional untuk mendukung bisnis mereka," ujar Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) juga berperan dalam mendukung komitmen Pos Indonesia terhadap solusi logistik ramah lingkungan. eCanter, sebagai truk listrik pertama di dunia, membawa inovasi dan teknologi canggih yang merevolusi industri kendaraan niaga. Sejak 2022, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) telah melakukan serangkaian uji coba untuk memastikan keandalan serta kinerja eCanter di berbagai medan di Indonesia, dan PT Pos Indonesia pun menjadi salah satu mitra dalam kegiatan ini. Hasilnya, PT Pos Indonesia menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi dan percaya bahwa eCanter adalah pilihan tepat untuk mendukung inisiatif logistik ramah lingkungan di IKN.

"Kami mengucapkan selamat atas peresmian Nusantara Logistics Hub ini. Kami merasa terhormat dapat berkontribusi dalam mendukung transformasi transportasi logistik yang ramah lingkungan dengan menghadirkan eCanter sebagai bagian dari armada PosIND di IKN. Kontribusi eCanter tidak hanya menjadi bukti nyata bahwa truk listrik ini adalah solusi masa depan yang andal untuk berbagai sektor industri, tetapi juga mampu menghadapi tantangan operasional di berbagai medan jalan di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa eCanter akan memainkan peran vital dalam mencapai tujuan ini, sekaligus memperkuat komitmen kami terhadap pelestarian lingkungan dan keberlanjutan masa depan," ujar Daisuke Okamoto, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: