Mengenal Perilaku Impulsif, dari Ciri-ciri hingga Bagaimana Cara Mengatasinya

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 23 Agustus 2024 | 07:02 WIB
Ilustrasi impulsif. (Foto/freepik).
Ilustrasi impulsif. (Foto/freepik).

BeritaNasional.com - Impulsif adalah sebuah sikap atau perilaku ketika seseorang melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang atau mempertimbangkan konsekuensinya terlebih dahulu. Orang impulsif cenderung bertindak secara spontan serta mendadak tanpa memikirkan konsekuensi dari tindakannya di kemudian hari.

Perlu diketahui, jika perilaku impulsif dilakukan secara terus-menerus dan semakin sulit dikendalikan, hal ini bisa menjadi gejala dari gangguan mental yang dapat memengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Hingga sekarang ini, belum diketahui penyebab seseorang bisa berpilaku implusif. Perilaku impulsif adalah kontrol diri yang tidak baik. 

Selain itu, perilaku impulsif juga dianggap sebagai gangguan psikologis jika perilaku tersebut semakin sering muncul atau cenderung sulit dikendalikan.

Terdapat beberapa ciri-ciri perilaku impulsif. Semisalnya bertindak secara mendadak, lalu tidak mampu atau sulit menunda kepuasan, kurang mampu merencanakan tindakan sendiri dan memiliki emosi yang kuat.

Cara mengatasi perilaku impulsif  

Sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut, penting untuk memastikan apakah perilaku impulsif disebabkan oleh gangguan psikologis atau tidak. Untuk memastikannya, psikolog atau psikiater dapat melakukan evaluasi terhadap kondisi psikologis pasien melalui wawancara medis (anamnesis) dan observasi.

Perilaku impulsif baru bisa dianggap sebagai gejala dari gangguan psikologis apabila sudah terjadi berulang kali, semakin tidak terkendali, dan telah merugikan banyak pihak.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: