Arie Kriting Ungkap Proses Membangun Karakter Orang Timur dalam Film Kaka Boss

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 23 Agustus 2024 | 15:30 WIB
Para pemain film Kaka Boss berfoto. (BeritaNasional/Bagas Kusumohadi)
Para pemain film Kaka Boss berfoto. (BeritaNasional/Bagas Kusumohadi)

BeritaNasional.com - Komika sekaligus sutradara film Kaka Boss Arie Kriting mengungkap proses membangun karakter orang Timur dalam naskah film garapannya.

Di balik diksi berima dalam dialog antara pemain, Arie ingin para pemain film bisa mendapatkan pengalaman yang utuh mengenai cara berdialek orang timur seperti apa. 

‘’Sebenarnya, untuk Kaka Boss, bagian dari building karakter ya. Karena saya pengin orang bisa mendapatkan pengalaman yang utuh mengenai cara berdialek orang timur seperti apa,’’ tuturnya setelah penayangan perdana film Kaka Boss di kawasan Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Kamis (22/8/2024) malam.

Dalam penggarapan film tersebut, Arie mengarahkan setiap aktor untuk mempelajari dialek orang Indonesia Timur.

‘’Kalau misalnya teman-teman tadi nonton merasa trust-nya tinggi banget, karena saya pengalaman dengan film-film Indonesia Timur yang aktornya harus mempelajari dialek kami. Sehingga untuk kami orang asli mendengarnya tetap kayak diksinya keliru,’’ jelasnya.

Jadi, Arie Kriting benar-benar dalam ingin menebalkan karakter orang timur, baik dalam naskah maupun saat diperankan oleh para pemain. 

‘’Kalau ditanya pemilihan diksi untuk menebalkan karakter, memang iya. Karena memang saya sengaja dari penulisan banyak skrip tulisannya dialek timur. Saya kasih kebebasan mengeksplorasi mencari kalimat yang paling kena dan sesuai karakter, tapi juga sejak penulisannya saya sudah menebalkan bagian soal dialek timur,’’ tandasnya.

Suami Indah Permatasari tersebut juga mengungkap proses pembuatan film dari awal sampai akhir. Menurut dia, tidak ada kesulitan dalam penggarapan film bergenre komedi ini.

‘’Sejujurnya, saya merasa semuanya berjalan begitu saja. Mungkin saya rasakan mudah karena paham apa yang kami bangun. Jadi, tidak ada proses mempelajari karakter seperti apa, memang dia orang timur. Segala sesuatu saya tuangkan di naskah ketika saya lemparkan ke pemain, pemain punya pemahaman yang setara,’’ tandasnya.

Diketahui, film ini menonjolkan gambaran positif tentang Indonesia Timur yang jarang ditemukan dalam film lainnya. Arie Kriting tampak ingin menunjukkan bahwa orang Timur juga memiliki sisi bahagia dan penuh warna dalam kehidupan mereka.

Terbukti Kaka Boss tidak hanya menyajikan cerita komedi yang menghibur tetapi juga menyoroti nilai-nilai persaudaraan dan optimisme di tengah-tengah masyarakat.

"Saya ingin menunjukkan bahwa orang Timur tidak hanya identik dengan kemiskinan atau kesulitan. Mereka juga memiliki kehidupan yang penuh warna dan bahagia," jelas Arie.

Dengan film Kaka Boss, Arie berusaha menyoroti nilai-nilai persaudaraan dan prinsip yang kuat di kalangan masyarakat Indonesia Timur. "Saya berharap film ini dapat memberikan alternatif pandangan bahwa orang Timur bisa optimis, positif, dan menikmati hidup," kata Arie.

Cast Film

Film ini dibintangi oleh Godfred Orindeod, Glory Hillary, Mamat Alkatiri, Abdur Arsyad, Putri Nere, Nowela Mikhelia, Ge Pamungkas, Ernest Prakasa, Elsa Novi Bani Japasal (Eca Aura), dan Aurel Mayori Putri (Yori Eks JKT48). Kaka Boss akan tayang serentak di bioskop Indonesia mulai 29 Agustus 2024.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: