Heru Budi Pantau Langsung Pelaksanaan Uji Coba Kedua Makan Bergizi Gratis

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 23 Agustus 2024 | 16:30 WIB
Anak Sekolah Dasar 5 Sukasari, Kota Tangerang, Banten, saat uji coba makan bergizi gratis. (BeritaNasional/Elvis sendouw)
Anak Sekolah Dasar 5 Sukasari, Kota Tangerang, Banten, saat uji coba makan bergizi gratis. (BeritaNasional/Elvis sendouw)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memantau langsung pelaksanaan uji coba kedua makan bergizi gratis (MBG) ala program pemerintahan Prabowo-Gibran di SDN 03 Rawa Badak Utara, Jakarta Utara, Jumat (23/8/2024).

Heru Budi menyatakan pihaknya terus berusaha menyajikan menu makanan bervariatif dan bernilai gizi tinggi dalam uji coba kedua ini. 

Uji coba makan bergizi gratis kali ini, kata Heru, disediakan oleh Perumda Dharma Jaya untuk 371 siswa yang berisi nasi, ayam teriyaki, telur dadar, sayur capcay, pisang, dan air mineral seharga Rp 20 ribu per porsi.

"Kelihatannya, anak-anak lebih suka menu yang ada telurnya. Tadi kami tanya, minggu depan mau makan apa lagi? Anak-anak jawab nasi, telur, dan ayam. Nanti kami akan bikinkan. Sekitar 80-90 persen anak-anak menghabiskan makanannya," ujar Heru dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta pada Jumat (23/8/2024).

Heru menyebutkan pembiayaan program ini masih menggunakan dana operasional gubernur dan tanggung jawab sosial perusahaan dan CSR dari BUMD DKI Jakarta.

"Hari ini pembiayaannya dari dana CSR Perumda Dharma Jaya. Kami cari lagi BUMD lain, seperti PAM Jaya, Ancol, Bank DKI, dan seterusnya sampai 24 BUMD sudah semua, baru balik lagi ke saya dari anggaran operasional gubernur. Begitu sebaliknya,’’ ungkapnya.

Menurut Heru, uji coba ini dilakukan menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dari pemerintah pusat. 

‘’Sampai nanti ada perintah dari pemerintah pusat, kami mem-back up program pemerintah tanpa APBD dulu. Nanti kalau sudah ada aturannya memang harus dimasukkan ke dalam APBD, kami siap," tegasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: