Siapa Mikel Merino? Rekrutan Anyar Arsenal yang Bawa Spanyol Juara Euro 2024

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 28 Agustus 2024 | 02:04 WIB
Pemain Timnas Spanyol yang baru direkrut Arsenalm, Mikel Merino. (Foto/UEFA.com)
Pemain Timnas Spanyol yang baru direkrut Arsenalm, Mikel Merino. (Foto/UEFA.com)

BeritaNasional.com - Pesepak bola Mikel Merino baru saja direkrut oleh Arsenal dari Real Sociedad pada Selasa (27/8/2024).

Gelandang berusia 28 tahun tersebut juga dikabarkan mengenakan kaus nomor punggung 23 di Stadion Emirates.

Diketahui, Arsenal merogoh kocek 27,4 juta poundsterling (Rp 562 miliar) dan tambahan 4,2 juta (Rp 86.1 miliar) untuk memboyong Merino berdasarkan laporan pakar transfer Eropa Fabrizio Romano yang dilansir dari Antara.

Profil Mikel Merino

Lahir di Pamplona, ​​Navarre, pada 22 Juni 1996, Merino memulai karier mudanya bersama Amigo sebelum pindah ke Osasuna. Setelah bermain untuk tim cadangan, dia dipromosikan ke tim senior pada Januari 2015 dan terus menjadi pemain reguler di tim utama.

Di tahun berikutnya, Merino pindah ke klub Bundesliga Borussia Dortmund, tetapi hanya bermain sembilan kali sebelum pindah ke Premier League bersama Newcastle United dengan status pinjaman selama satu musim pada Juli 2017. 

Merino tampil 25 kali untuk Newcastle dengan mencetak satu gol lewat sundulan yang membawa kemenangan melawan Crystal Palace pada Oktober 2017.

Dia kembali ke Spanyol pada Juli 2018 dengan kontrak lima tahun dengan Real Sociedad dan membantu klub memenangkan Copa del Rey dua tahun kemudian pada 2020.

Musim panas itu, Merino mendapatkan penampilan senior pertamanya untuk Spanyol. Sejak itu, ia telah bermain 28 kali untuk negaranya.

Ia menjadi bagian dari skuad Spanyol untuk Euro 2024, mencetak gol sundulan pada menit ke-119 untuk memenangkan perempat final 2-1 melawan Jerman. Merino masuk dari bangku cadangan di final untuk membantu Spanyol mengalahkan Inggris 2-1.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: