Respons Jokowi soal Pramono Anung Jadi Cagub Jakarta: Itu Hak Politik!

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 28 Agustus 2024 | 15:34 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan. (Foto/BPMI)
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan. (Foto/BPMI)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pencalonan Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Pilgub Jakarta merupakan hak politik pribadi sebagai seorang warga negara. 

Jokowi juga bilang majunya Pramono adalah hak politik dari PDI Perjuangan selaku partai pengusung. Ia berpandangan pencalonan Pramono sebagai bakal calon gubernur di Jakarta tentu sudah atas dasar pertimbangan politik.

"Ya itu hak politik dari pak Pramono Anung dan PDIP dan semua pasti sudah ada kalkulasi politiknya, sudah ada itung-itungan politiknya saya kira memutuskan seperti itu. Bukan sesuatu yang mudah," ujar Jokowi di Yogyakarta, Rabu (28/8/2024).

Menurut Jokowi, Pramono sudah izin kepadanya jika ingin maju dalam kontestasi Kepala Daerah Jakarta sejak dua hari lalu. 

“Dua hari yang lalu, sudah. Begitu ditunjuk langsung minta izin ke saya," kata Jokowi.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengaku mendapat izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju dalam Pilgub Jakarta 2024. Ia mengaku meminta izin Jokowi melalui telepon kemudian menemui secara langsung.

"Saya berkonsultasi, saya datang langsung, dan saya juga bertelepon langsung," ujar Pramono di rumah dinasnya, Jakarta, Rabu (28/8/2024). sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: