Dukung Pengamanan PON XXI Aceh-Sumut, Polri Kirim Alat Berteknologi Canggih

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 29 Agustus 2024 | 14:30 WIB
Suasana Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut Tiba di Aceh Jaya. (Foto/PON XXI 2024)
Suasana Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut Tiba di Aceh Jaya. (Foto/PON XXI 2024)

BeritaNasional.com - Pengamanan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh dilengkapi dengan sejumlah peralatan berteknologi modern serta canggih dari Polri.

Kabid Humas Polda Sumut Kombespol Hadi Wahyudi menuturkan peralatan teknologi yang diperbantukan untuk pengamanan PON XXI, antara lain, alat komunikasi dan suku cadang, sistem analitis yang mencakup face recognition atau identifikasi wajah, plate recognition atau pengenalan pelat nomor kendaraan, dan crowd counting.

"Divisi Teknologi, Informasi dan Komunikasi Polri mengirimkan teknologi modern untuk kebutuhan pengamanan kegiatan PON," ujarnya di Medan pada Kamis (29/8/2024) yang dilansir dari Antara.

Bukan hanya itu, Polri turut memberikan kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) dan drone.

"Berbagai peralatan modern dari Polri berguna meningkatkan pengawasan dan pengendalian serta memastikan keamanan selama acara berlangsung," ucap Hadi.

Dengan peralatan modern dan cangging itu, Polda Sumut bisa menjaga situasi tetap kondusif dan mencegah potensi gangguan keamanan di arena pertandingan atau lokasi lainnya.

"Upaya ini merupakan bagian dari persiapan Polri untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan PON di Sumatera Utara," ujarnya.

Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Massa Polda Sumut berpatroli ke titik dan lokasi penting yang terpasang CCTV di setiap tempat pertandingan cabang olahraga.

Satgas ini berpatroli di tiga rayon, yakni pertama, berpusat operasi dari Rumah Sakit Bhayangkara untuk mengawasi lokasi, seperti MICC untuk e-sport, Royal Sumatera untuk pertandingan golf, kolam renang selayang untuk cabor akuatik, dan Hotel Four Point untuk perlombaan binaraga.

Kedua, patroli di Kantor DPRD Sumut, meliputi Hotel Santika untuk olahraga dansa, Lapangan Gateball Pergatsi, GOR Veteran untuk cabang pencak silat, kick boxing. dan GOR Angsapura untuk pertandingan tenis meja.

Ketiga, patroli operasi di GOR Astaka Pancing, mencakup sembilan lokasi, termasuk Gedung Serbaguna, lapangan futsal, gedung boling, sirkuit balap motor, Stadion Mini GOR Astaka Pancing, jalur BMX, lapangan bulu tangkis, GOR Serbaguna Unimed, dan Stadion Unimed.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: