Pemilihan Abnon Jakarta 2024 Resmi Dimulai

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 30 Agustus 2024 | 23:00 WIB
Pemilihan Abang None Jakarta 2024. (Foto/laman Abnon Jakarta)
Pemilihan Abang None Jakarta 2024. (Foto/laman Abnon Jakarta)

BeritaNasional.com - Pemilihan Abang None (Abnon) Jakarta 2024 resmi dimulai. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan perhelatan ini digelar untuk membekali pemuda-pemudi Jakarta menjadi delegasi yang mempromosikan keindahan, kebudayaan, dan pariwisata Jakarta kepada dunia.

“Pemilihan Abang None Jakarta 2024 bertujuan melestarikan kebudayaan Betawi dan sebagai sarana pengembangan potensi, bakat, kreativitas, serta kecerdasan para generasi muda untuk mempromosikan kota Jakarta kepada wisatawan nusantara maupun mancanegara,” ujarnya di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Jumat (30/8).

Andhika menuturkan acara itu menandakan dimulainya pencarian untuk duta kebudayaan dan pariwisata Jakarta yang berlangsung sejak 1968.

Dia menyampaikan pemilihan Abang None Jakarta tidak hanya kontes, melainkan sebuah upaya pelestarian kebudayaan Betawi yang diintegrasikan dengan pembinaan generasi muda di bidang potensi, bakat, kreativitas dan kecerdasan.

Kompetisi tahun ini semakin sengit dengan total 1.124 pendaftar. Namun, hanya 36 finalis atau 18 pasangan yang berhasil lolos sebagai wakil dari lima Kota Administrasi dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Kriteria seleksi yang ketat menunjukkan komitmen Jakarta dalam menghadirkan wakil-wakil terbaiknya.

“Abang None Jakarta diharapkan mampu menjadi bagian dari kekuatan kota untuk menggali potensi-potensi baru Jakarta pada aspek Pariwisata dan Industri kreatif ke depan karena kami meyakini potensinya masih sangat besar,” katanya.

Andhika menjelaskan Jakarta sebagai pusat ekonomi Indonesia yang bertaraf global, memerlukan duta yang piawai dalam pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif. Ia menilai, Abang None Jakarta memiliki peran strategis dalam memperkuat identitas Jakarta di kancah global, serta berkontribusi dalam pengembangan pariwisata dan industri kreatif.

“Selain unggul dalam Intelegensi dan akademik, kami juga mengharapkan Abang None Jakarta menjadi sosok yang memiliki attitude dan empati, mampu berorganisasi dan memiliki tanggung jawab baik untuk pribadi maupun sosial,” ucapnya.

Menurut Andhika, ajang ini merupakan kesempatan bagi generasi muda Jakarta untuk tidak hanya bersinar di tingkat lokal, tetapi juga menunjukkan keunggulan mereka di kancah internasional.

“Sehingga pada malam final nanti dapat menampilkan yang terbaik dan berhasil meraih predikat Abang dan None Jakarta Tahun 2024 dan menjadi role model bagi anak-anak muda Jakarta yang memiliki kepribadian baik dan kreatifitas untuk berkarya,” tandasnya.

Sebagai informasi, seluruh finalis Abang None Jakarta 2024 menjalani masa pembekalan dari berbagai narasumber sejak 3 sampai 13 September 2024. 

Materi yang diberikan selama masa pembekalan yakni, Kebudayaan Betawi, Pemerintahan, Kepariwisataan, Ekonomi Kreatif, Public Speaking, Tour Leader, Keprotokolan, Modelling dan Industri Event.

Preliminary Competition dilaksanakan pada tanggal 14 September 2024 dengan tahapan Pidato atau Speech dan Fashion Show. Sementara itu, Penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2024 dengan tahapan One-on-one interview dan Focus Group Discussion.

Puncak acara penyelenggaraan Malam Final Abang None Jakarta Tahun 2024 rencananya dilaksanakan pada 20 September 2024 di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: