Menko PMK Resmikan Rumah Susun Universitas Muhammadiyah Jakarta, Bantuan dari Kementerian PUPR

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 31 Agustus 2024 | 05:05 WIB
Menko PMK Resmikan Rumah Susun Universitas Muhammadiyah Jakarta. (Foto/Kemenko PMK).
Menko PMK Resmikan Rumah Susun Universitas Muhammadiyah Jakarta. (Foto/Kemenko PMK).

BeritaNasional.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) meresmikan Rumah Susun Universitas Muhammadiyah Jakarta (Rusun UMJ). Adapun Rusun ini adalah bantuan dari Kementerian PUPR, di Kawasan Kampus UMJ Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, pada Jumat (30/8/2024).

Rumah Susun Universitas Muhamadiyah Jakarta ini dibangun pada Tahun Anggaran 2022-2023 oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi DKI Jakarta, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa I, Direktorat Jenderal Perumahan. Bangunan rusun sebanyak 1 (satu) tower dengan tipe 24, 3 lantai, dengan kapasitas hunian sebanyak 36 unit yang dapat menampung 140 mahasiswa. Rusun dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum, serta dilengkapi dengan meubelair atau furniture yang lengkap.

Adapun tujuan pembangunan rumah susun ini adalah untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik dan olahraga agar memiliki hunian yang layak, sehat, aman dan terjangkau serta menunjang pendidikan luar kelas secara intensif.

"Ini InsyaAllah menjadi amal jariyah yang beliau (Menteri PUPR) tanamkan melalui Muhammadiyah. Beliau sangat entengan (suka membantu), beliau sadar kalau bantuan diberikan kepada Muhammadiyah akan bermanfaat," ujar Muhadjir dalam keterangannya, Sabtu (31/8/2024).

Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa pembangunan rusun adalah perintah dari Presiden RI untuk membantu dan memberikan manfaat pada satuan pendidikan. Basuki juga menyampaikan janji bahwa pihak Kementerian PUPR akan membantu pembangunan kembali Rusun Asrama Mahasiswa UMJ yang berada dalam lingkungan kampus.

"Semua kita lakukan adalah untuk pendidikan dan pasti pahalanya akan mengalir ke semuanya," ungkap Basuki Hadimuljono.

Selanjutnya, Menko PMK bersama Menteri PUPR melakukan penandatanganan prasasti peresmian gedung rusun yang disambung dengan pengguntingan pita simbolis. Kemudian, mereka mengecek beberapa kamar rusun, kamar rusun untuk disabilitas, dan fasilitas yang ada dalam rusun. Menko Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasi atas bantuan yang telah diberikan Kementerian PUPR untuk UMJ.

"Saya kira sangat bagus. Mudah-mudahan ini semua bermanfaat," ucap Muhadjir. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: