Zelensky  Minta AS Izinkan Ukraina Serang Rusia Lebih Dalam

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 02 September 2024 | 09:00 WIB
Zelensky  minta AS izinkan Ukraina serang Rusia lebih dalam (Foto/X Zelensky)
Zelensky  minta AS izinkan Ukraina serang Rusia lebih dalam (Foto/X Zelensky)

BeritaNasional.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak Amerika Serikat untuk mengizinkan Kiev menyerang target militer di dalam wilayah Rusia. 

Desakan ini muncul setelah delegasi Ukraina bertemu dengan pejabat senior Amerika di Washington pada Sabtu lalu.

Sejak 2022, AS telah menggelontorkan bantuan militer senilai lebih dari $50 miliar atau Rp 776,6 triliun kepada Ukraina. 

Namun Amerika memberikan syarat terkait penggunaan senjata yang hanya bisa dipakai dalam wilayah Ukraina dan operasi lintas batas yang bersifat defensif.

Zelensky melaporkan, bom udara berpemandu menewaskan enam orang dan melukai 97 orang di Kharkiv pada Jumat, dan serangan lanjutan terjadi pada Sabtu.

Ia mengatakan, situasi tersebut hanya bisa diatasi dengan menyerang lapangan udara militer Rusia, pangkalan mereka, dan infrastruktur logistik teror Rusia.

Dalam pidato video malam harinya, ia berkata, "Kami membicarakan hal ini setiap hari dengan mitra kami. Kami membujuk. Kami menyampaikan argumen."

"Kami membutuhkan kemampuan untuk benar-benar dan sepenuhnya melindungi Ukraina dan warga Ukraina,” ujar Zelensky.

"Kami membutuhkan izin untuk menggunakan kemampuan jarak jauh dan peluru kendali serta peluru kendali jarak jauh Anda,” tambahnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: