TNI dan Polri Siapkan 9.030 Personel untuk Amankan Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 02 September 2024 | 11:51 WIB
Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus. (BeritaNasional/Jakarta Islamic Centre)
Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus. (BeritaNasional/Jakarta Islamic Centre)

BeritaNasional.com -  Markas Besar TNI dan Polri telah mengerahkan 9.030 personel yang tergabung dalam pasukan gabungan untuk mengamankan kunjungan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, di Jakarta pada 3–6 September 2024.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Agus Hariadi, bersama dengan Komandan Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri, Komjen Pol. Imam Widodo, memimpin apel gelar pasukan gabungan di Mabes TNI.

Dari total personel, 4.300 di antaranya merupakan prajurit TNI, termasuk personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), prajurit dari Komando Garnisun Tetap (Kogartap) I/Jakarta, pasukan Korps Kavaleri TNI AD, TNI Angkatan Udara, Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, dan juga bintara pembina desa (babinsa). Sementara itu, sebanyak 4.730 personel Polri turut serta dalam pengamanan ini.

Sementara itu pihak kepolisian telah merencanakan beberapa rekayasa lalu lintas, termasuk sistem buka tutup jalan, untuk memastikan kelancaran kunjungan Paus Fransiskus. Pengaturan lalu lintas ini akan berlaku di area-area penting, mulai dari bandara hingga Gereja Katedral di Jakarta Pusat.

Selain itu, objek pengamanan lainnya mencakup Istana Merdeka, Masjid Istiqlal, dan Stadion Utama Gelora Bung Karno, yang akan menjadi lokasi misa akbar.

Pengamanan juga mencakup acara International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang akan diadakan di Jakarta Convention Center. Acara ini akan dihadiri oleh sejumlah pemimpin negara, dan lokasi ISF berada tidak jauh dari Gelora Bung Karno, tempat pelaksanaan misa akbar pada 5 September 2024.

Sebagai informasi Paus Fransiskus, Pemimpin Takhta Suci Vatikan, dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa (3/9/2024). Pada Rabu (4/9/2024), Paus akan berkunjung ke Istana Merdeka, Jakarta, dan disambut oleh Presiden RI Joko Widodo.

Agenda Paus selanjutnya termasuk bertemu jemaat di Katedral dan jemaat Katolik muda di Grha Pemuda. Pada Kamis (5/9/2024), Paus dijadwalkan mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta, dan pada pukul 17.00 WIB akan memimpin misa suci akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Terakhir, pada Jumat (6/9/2024), Paus Fransiskus akan meninggalkan Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini, dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: