PBB Minta Serangan Militer Israel di Gaza Dihentikan agar 640 Ribu Anak Bisa Divaksin Polio

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 02 September 2024 | 21:00 WIB
Anak-anak di Gaza butuh divaksin polio (Foto/UNRWA)
Anak-anak di Gaza butuh divaksin polio (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - PBB dan mitra-mitra mereka menyerukan jeda kemanusiaan perang di Gaza guna memastikan lebih dari 640.000 anak dapat menerima vaksinasi polio. 

Mereka mendesak kebutuhan untuk segera menghentikan serangan militer Israel di Gaza guna mencegah penyebaran penyakit di kalangan populasi rentan.

Menurut pernyataan dari badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), badan-badan tersebut siap untuk memberikan vaksin, tetapi situasi keamanan yang memburuk mengharuskan gencatan senjata sementara atas dasar kemanusiaan.

Badan-badan tersebut memperingatkan bahwa penundaan program vaksinasi dapat secara signifikan meningkatkan risiko wabah polio di kalangan anak-anak.

Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF), berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), UNRWA, dan mitra lainnya, telah mengirimkan 1,2 juta dosis vaksin polio tipe 2 ke Gaza.

Mereka berencana untuk memvaksinasi lebih dari 640.000 anak di wilayah tersebut. Pengiriman vaksin polio itu didukung oleh Qatar Charity, yang menyumbangkan USD3 juta untuk membantu upaya UNRWA di Gaza.

Wakil Direktur Lapangan Senior UNRWA Sam Rose menyoroti kondisi yang memprihatinkan di Gaza. Banyak keluarga yang mengungsi dan seringnya relokasi warga karena perintah evakuasi Israel telah memicupenyebaran virus polio.

Dikutip dari Anadolu, Rose mengatakan, kurangnya akses terhadap kebutuhan dasar seperti makanan, air, dan perawatan kesehatan memperburuk situasi. Membuat penyebaran virus yang cepat menjadi ancaman nyata.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: