Begini Strategi RK Dukung Penggunaan Energi Baru Terbarukan di Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 02 September 2024 | 21:08 WIB
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Ridwan Kamil (RK), Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, mengungkapkan rencananya untuk mendukung penggunaan energi baru dan terbarukan jika terpilih menjadi Gubernur Jakarta pada 2024.

RK menyatakan bahwa langkah pertama yang akan diambilnya adalah mewajibkan penggunaan panel surya di atap pabrik.

"Demi mencapai target energi terbarukan penuh pada tahun 2060, jika saya menjadi gubernur, saya akan mewajibkan semua atap pabrik menggunakan panel surya. Ini adalah langkah awal," ujar RK di Markas TKN Fanta Prabowo-Gibran, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024).

Selain itu, RK berencana memasang solarflat pada gedung-gedung tinggi di sepanjang Sudirman-Thamrin.

"Saat ini, ada teknologi baru bernama solarflat yang berbentuk seperti kain. Jadi gedung-gedung di Sudirman-Thamrin bisa dilapisi dengan kain ini, yang berfungsi sebagai panel surya," kata RK.

"Jangan bayangkan panel surya seperti yang ada sekarang. Solarflat ini bentuknya seperti kain yang bisa ditempel di berbagai permukaan," tambah RK.

Selain itu, RK juga berencana melanjutkan pembangunan tanggul laut raksasa (giant sea wall) untuk mengatasi banjir rob di wilayah utara Jakarta. Proyek ini tidak hanya bertujuan untuk mengurangi banjir, tetapi juga akan dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga angin.

"Giant sea wall ini akan menjadi kawasan yang terdiri dari perumahan, sekolah, dan fasilitas ibadah. Di ujung kawasan ini, akan ada pembangkit listrik tenaga angin seperti yang ada di laut Swedia dan Denmark, bukan di darat," jelas RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: