Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Satpol PP DKI Kerahkan 535 Personel untuk Patroli

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 03 September 2024 | 11:02 WIB
Foto petugas Satpol PP. (Foto/Beritajakarta).
Foto petugas Satpol PP. (Foto/Beritajakarta).

BeritaNasional.com - Satpol PP DKI Jakarta mengerahkan 535 personel untuk berpatroli di jalan-jalan yang akan dilalui oleh Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia pada Selasa (3/9/2024) hari ini sampai Jumat (6/9/2024).

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, jalur-jalur yang akan dilalui adalah GBK, JCC, Gereja Katedral, hingga Masjid Istiqlal.

"Tentu kami akan hadir mengawal untuk menghadirkan Jakarta menjadi kota yang memiliki kesan yang baik bagi tamu-tamu negara, sesuai dengan tugas dan fungsinya jajaran Satpol PP," kata Arifin, dikutip dari keterangan resminya pada Selasa (3/9/2024).

Arifin juga mengimbau kepada seluruh warga Jakarta untuk dapat bersama-sama menjaga ketertiban dalam menyambut tamu negara itu. 

"Tentu sebagai tuan rumah rumah yang dikunjungi oleh tamu-tamu negara, mari kita menghadirkan wajah-wajah yang hangat, wajah-wajah yang menyambut tamu yang baik," ujar Arifin.

"Termasuk tidak melupakan bagaimana kemudian kawasan Jakarta yang dikunjungi menjadi tempat yang nyaman dalam arti bersih, tertib, teratur, kemudian ramah warganya," tambahnya menandasi.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Paus akan berkunjung ke Istana Negara pada Rabu (4/9/2024) pukul 09.00 WIB.

"Direncanakan Paus Fransiskus akan berangkat dari Nunsiatur Apostolik (kedutaan Besar Vatikan di Jakarta) yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur untuk menuju ke Istana Negara yang berada di Jalan Medan Merdeka Utara," kata Syafrin dalam keterangan resminya, Senin (2/9/2024).

Syafrin melanjutkan, Paus setelah itu akan berkunjung ke Gereja Katedral pada pukul 16.00 WIB.

"Paus Fransiskus akan berangkat dari Nunsiatur Apostolik (kedutaan besar Vatikan di Jakarta) yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur untuk menuju ke Gereja Katedral di Jalan Katedral," ujar Syafrin.

Kemudian pada Kamis (5/9/2024), Paus akan mengunjungi Masjid Istiqlal pada pukul 08.30 WIB.

"Paus Fransiskus akan berangkat dari Nunsiatur Apostolik (kedutaan besar Vatikan di Jakarta) yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur untuk menuju ke Masjid Istiqlal di Jalan Katedral," ucap Syafrin.

Lalu, Paus akan menggelar Misa Agung di Stadion Utama GBK sekitar pukul 15.30 WIB.

"Paus Fransiskus di jadwalkan akan berangkat dari Nunsiatur Apostolik (kedutaan besar Vatikan di Jakarta) yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur untuk menuju Ke Stadiun Utama Gelora Bung Karno di Jalan Jenderal Sudirman," tegas Syafrin.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: