Cerita Pramono Anung dan Rano Karno Punya Hubungan Baik dengan Foke

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 03 September 2024 | 21:30 WIB
Pramono Anung dan Rano Karno dekat dengan Foke (Berita nasional/Oke Atmaja)
Pramono Anung dan Rano Karno dekat dengan Foke (Berita nasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Bakal pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jakarta dari PDI Perjuangan (PDIP) Pramono Anung-Rano Karno bertemu dengan eks Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo alias Foke pada Selasa (3/9/2024). Pertemuan ini diadakan di Museum MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, Pram mengaku memiliki hubungan baik yang dengan Foke sejak lama. Pram berujar, dia sempat mendorong Foke untuk maju Pilkada Jakarta 2007.

"Sebelumnya dia Sekretaris Daerah (Sekda). Saya bisikin beliau 'Abang ini pantas kalau maju sebagai Gubernur DKI'. Dan memang dalam kepemimpinan beliau, saya dan Bang Doel siapa saja yang pernah berjasa untuk Jakarta, saya pengin sowan satu per satu," kata Pram kepada wartawan usai pertemuan.

Di kesempatan yang sama, Foke merinci kedekatannya dengan Pram. Saat ia menjadi sekda di era kepemimpinan Sutiyoso, Foke mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Pramono secara pribadi.

"Waktu itu tuh saya jadi wakil gubernur setelah saya jadi sekda. Sekda itu masa sulit Jakarta karena krisis. Kemudian saya jadi wakil gubernurnya Bang Yos. Nah itu waktu itu pun saya sudah berkomunikasi cukup akrab dengan partai dan juga dengan Mas Pram secara pribadi," ujar Foke.

Setelah masa jabatannya habis sebagai wakil gubernur, lanjut Foke, Pram menjadi salah satu orang yang memintanya untuk maju Pilgub Jakarta 2002.

"Kemudian setelah saya selesai masa jabatan sebagai wakil gubernur, saya banyak kawan-kawan yang menyarankan maju sebagai gubernur antara lain Mas Pram yang menyarankan saya maju menjadi gubernur," ucap Foke.

Tak hanya Pram, Rano juga tak ingin ketinggalan membeberkan kedekatannya dengan Foke. Rano mengungkapkan, dirinya pernah nyaris menjadi calon wakil gubernur Foke pada Pilgub 2007.

"Barangkali kalo Bang Foke lupa, mungkin gara-gara bang Foke saya jadi Wakil Gubernur tahun ini. Karena dulu 2008, 2007 sebelum saya jadi Wakil Bupati Tangerang, hampir saya jadi wakilnya beliau," kata Rano.

"(Pada) 2007 pertama kali, pertama kali saya ketemu Bang Foke pada waktu itu mau Pilkada DKI. Beliau minta saya jadi wakilnya, saya siap saya bilang. Di situlah saya pertama kali ketemu Ibu Ketua Umum," tambah Rano.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: