Paus Fransiskus Terkesan dengan Sejarah Pembangunan Masjid Istiqlal

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 05 September 2024 | 11:18 WIB
Paus Fransiskus. (Foto/INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE).
Paus Fransiskus. (Foto/INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE).

BeritaNasional.com - Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus sedikit mengenang sejarah pembangunan Masjid Istiqlal yang dibangun oleh arsitek Kristiani. Ia bilang, ini adalah bentuk toleransi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Begitu dikatakan Paus saat melakukan dialog antaragama bersama dengan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

"Saya mengenang dengan senang hati bahwa Masjid ini dirancang oleh arsitek Friedrich Silaban ," ujar Paus.

Dia pun menilaidibangunnya Masjid Istiqlal oleh arsitek beragama Kristiani ini membuktikan sejarah bangsa Indonesia merupakan penuh akan toleransi.

"Ini membuktikan bahwa dalam sejarah bangsa ini dan dalam budaya yang berkembang di sini, masjid seperti tempat ibadah lainnya adalah ruang dialog, ruang untuk saling menghormati dan hidup bersama dengan damai di antara agama-agama dan berbagai kepekaan rohani yang berbeda," tegas dia.

Lebih jauh, Paus berujar bahwa keberagaman di Indonesia ini merupakan sebuah anugerah. Sehingga, kata dia, alangkah baiknya Indonesia terus merawat keberagaman yang sudah dimiliki tersebut.

"Ini adalah sebuah besar di mana setiap hari anda dipanggil untuk merawatnya sehingga pengalaman keagamaan anda dapat menjadi titik rujukan bagi masyarakat yang damai dan bersaudara dan tidak pernah menjadi alasan untuk menutup diri dan berseteru," tandasnya.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: