Ghufron Siap Hadapi Sidang Etik Dewas KPK Besok

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 05 September 2024 | 14:50 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron setelah mengikuti sidang etik di Dewas KPK beberapa waktu lalu. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron setelah mengikuti sidang etik di Dewas KPK beberapa waktu lalu. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron siap menghadapi sidang etik terkait mutasi ASN Kementerian Pertanian (Kementan) yang bakal digelar Dewas KPK besok pada Jumat (6/9/2024).

"Kami siap dan saya sudah menerima undangan dan insyaallah hadir pada sidang besok," ujar Ghufron di Serang, Banten, Kamis (5/9/2024).

Ghufron menghormati Dewas KPK sebagai bagian dari struktur yang telah ditata dalam undang-undang lembaga antirasuah. Karena itu, dia akan menghormati apa pun hasil sidang tersebut.

"Maka, apa pun hasilnya, saya hormati," tuturnya.

Sebelumnya, Dewas KPK tetap menggelar sidang putusan dugaan pelanggaran etik mutasi ASN Kementan meski Ghufron tidak hadir.

Menurut anggota Dewas KPK Syamsudin Haris, persidangan bakal tetap berjalan dan pihaknya memutuskan perkara tersebut walaupun Ghufron mangkir.

"Pak NG (Nurul Ghufron) hadir atau tidak hadir, sidang pembacaan putusan dugaan pelanggaran etik bagi yang bersangkutan jalan terus," ujar Syamsudin.

KPK juga menghormati putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang tidak menerima gugatan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Menurut Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika, pihaknya menghormati putusan tersebut karena Dewas KPK bakal melanjutkan sidang besok.

"KPK menghormati putusan tersebut. Informasi terakhir yang kami terima, Dewas akan melakukan sidang kembali Jumat jam 2 siang,” ujar Tessa.

Tessa meminta semua pihak menunggu hasil putusan tersebut untuk mengetahui hal apa yang bakal diputuskan Dewas KPK terhadap Ghufron.

“Untuk itu, nanti kami tunggu saja sama-sama apa hasil dari putusan Dewan Pengawas tersebut," tuturnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: