Kabar Baik! Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang hingga 10 September

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 05 September 2024 | 16:27 WIB
Ilustrasi test cpns. (Foto/KemenpanRB).
Ilustrasi test cpns. (Foto/KemenpanRB).

BeritaNasional.com - Proses pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diperpanjang hingga tanggal 10 September 2024. Sebelumnya, pendaftaran CPNS akan berakhir pada tanggal 6 September 2024.

Kabar perpanjangan pendaftaran CPNS ini disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui laman resminya pada hari ini, Kamis (5/9/2024). 

"Penyesuaian jadwal pendaftaran ini bertujuan untuk mengakomodir para pelamar yang belum berhasil menyelesaikan tahapan pendaftaran di portal," tulis BKN.

BKN melalui surat nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS TA 2024, akan diperpanjang hingga tanggal 10 September 2024 Pukul 23.59 WIB.

Perpanjangan ini karena para peserta mengalami kendala teknis seperti pembelian dan pemanfaatan materai elektronik atau e-meterai yang mengalami gangguan sehingga menghambat proses penyelesaian pendaftaran di portal, menjadi faktor utama penyesuaian jadwal dilakukan. 

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyebutkan kendala pembelian e-meterai oleh masyarakat di seluruh platform Peruri tidak dapat dibebankan kepada para calon pelamar sehingga Panselnas mengambil kebijakan dengan memberikan tambahan waktu pendaftaran selama empat hari. 

"Selain itu optimalisasi pengisian formasi CPNS juga menjadi pertimbangan dilakukannya penyesuaian jadwal pendaftaran, di mana tahun ini tersedia alokasi 250.407 formasi bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah," tutur dia.

Pemerintah lewat Panselnas ingin memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat berkompetisi pada perhelatan CPNS tahun ini. Terhitung hingga 05 September 2024 Pukul 08.00 WIB, jumlah pendaftar CPNS telah mencapai 2.922.336, di mana jumlah submit/resume atau mengakhiri pendaftaran mencapai 1.011.148 pelamar.

Untuk kelancaran proses pendaftaran, para pelamar diminta tidak melakukan pendaftaran saat mendekati akhir batas waktu. Kecenderungan pelamar yang mendaftar dengan sistem kebut semalam dapat menghambat para pelamar menyelesaikan proses pendaftaran. 

"Pelamar diminta untuk memanfaatkan kesempatan waktu perpanjangan pendaftaran ini dengan maksimal," tandasnya

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: