Usul Suswono Pindahkan Pusat Bisnis dari Thamrin ke TB Simatupang untuk Atasi Kemacetan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 09 September 2024 | 08:19 WIB
Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (kiri) dan calon wakil gubenur Jakarta Suswono (kanan). (BeritaNasional/Panji).
Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (kiri) dan calon wakil gubenur Jakarta Suswono (kanan). (BeritaNasional/Panji).

BeritaNasional.com - Calon Wakil Gubernur Jakarta Suswono mempunyai usul jika pusat bisnis yang ada di Jalan Thamrin dipindahkan ke Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. 

Langkah itu menurut Suswono ingin dilakukan guna mengatasi persoalan kemacetan yang ada di Jakarta.

"Termasuk juga mungkin memindahkan terpusat seperti sekarang terpusat di jalan Thamrin misalnya kenapa tidak digeser ke arah daerah selatan misal kayak Simatupang dan sebagainya," kata Suswono di Pasar Minggu, Jakarta, Minggu (8/9/2024).

Ia menilai, kemacetan yang selama ini terjadi di Jakarta dikarenakan hanya terpusat di satu titik saja. Maka dari itulah, dia berencana memindahkan pusat bisnis ke beberapa titik di Jakarta.

"Jadi orang mulai tersebar jadi tidak terkonsentrasi ke pusat kota yang pada akhirnya macet lah setiap hari," beber dia.

Selain memindahkan pusat bisnis ke beberapa titik di Jakarta, Politikus PKS ini berbicara mengenai integrasi transportasi umum dari wilayah penyangga seperti Bogor, Bekasi dan Tangerang untuk mengurangi kemacetan.

"Kita akan mengurangi lalu lintas kendaraan ini karena jarak antara kerja dan tempat tinggal jauh nah ini berarti persoalan transportasi umum kan yang kita tambah atau terintegrasi ke beberapa wilayah sekitar apakah Bogor, Bekasi, atau Tangerang ini tentu bagian yang akan ditata semuanya," ujar Suswono.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: