AS Tuduh Iran Pasok Rudal ke Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 11 September 2024 | 10:30 WIB
Ilustrasi Iran pasok rudal ke Rusia (Foto/Pixabay)
Ilustrasi Iran pasok rudal ke Rusia (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Amerika Serikat dan Inggris menuduh Iran memasok rudal jarak pendek ke Rusia untuk digunakan dalam perang di Ukraina. Mereka mengatakan akan mengambil tindakan untuk menghukum siapa pun yang terlibat.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan, sanksi-sanksi akan diumumkan segera.

“Rusia sekarang ini telah menerima kiriman rudal balistik dan kemungkinan besar akan menggunakannya dalam beberapa pekan ini di Ukraina," kata Blinken.

“Pasokan rudal Iran itu memungkinkan Rusia menggunakan arsenalnya untuk target-target di Ukraina,”  katanya.

Tuduhan mengenai rudal Iran itu dapat membuat Presiden Ukraina Zelensky semakin berani untuk meningkatkan tekanan terhadap Amerika Serikat dan sekutu-sekutu lainnya agar mengizinkan Ukraina menggunakan rudal-rudal pasokan Barat dalam serangan lebih jauh ke dalam Rusia.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mengizinkan Ukraina untuk menembakkan rudal yang diberikan Amerika Serikat melintasi perbatasan ke Rusia untuk membela diri. Namun Biden membatasi jarak karena khawatir memburuknya konflik di kawasan itu.

Namun Biden tidak menghentikan Ukraina untuk menggunakan senjatanya sendiri guna menghantam target-target yang lebih jauh lagi di dalam Rusia. 

Dikutip dari VOA, Ukraina meluncurkan salah satu serangan drone terbesarnya di wilayah Rusia dalam perang selama 2,5 tahun ini yang menarget banyak wilayah, termasuk Moskow.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: